Jasa Live Shopee menjadi salah satu layanan bisnis yang populer akhir-akhir ini. Melalui jasa ini, pemilik bisnis dapat memasarkan dan menawarkan semua produk secara langsung ke pembeli.
Biasanya, saat melakukan Live Shopee, Shopee Streamer akan menjelaskan berbagai macam informasi terkait produk secara detail. Mulai dari manfaat produk, harga, promo, cara penggunaan produk, hingga cara pembeliannya. Hal ini dilakukan untuk menyakinkan calon konsumen sebelum membeli produk.
Live Shopee juga bisa menjadi sarana komunikasi antara pembeli dan penjual. Pada kolom chat, calon pembeli dapat mengajukan berbagai pertanyaan seputar produk. Setelah itu, Shopee Streamer akan memberikan jawaban, respon atau tanggapan mengenai pertanyaan konsumen tersebut.
Saat ini, Live Shopee telah menjadi tren baru yang sangat populer dalam bidang industri e-commerce. Tak heran, jika banyak keuntungan yang didapatkan oleh pelaku bisnis.
Live Shopee dapat meningkatkan pengalaman berbelanja. Saat konsumen bergabung ke dalam saluran Live Shopee, dapat membeli produk secara langsung pada saat itu juga.
Bagi pelaku bisnis, Live Shopee dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menjual produk sebanyak-banyaknya. Semakin banyak produk yang dijual, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan.
Untuk memaksimalkan keuntungan bisnis, pemanfaatan jasa Live Shopee harus dioptimalkan. Ada beberapa tips sukses yang dapat diterapkan oleh para pelaku bisnis. Berikut ini adalah pemaparannya.
Saat menggunakan jasa Live Shopee, pemilik bisnis harus memahami target audiens dengan baik. Langkah ini akan memudahkan pemilik bisnis dalam pembuatan dan penyesuaian judul. Semakin relevan judul Live Shopee yang digunakan, maka konsumen akan semakin tertarik bergabung ke saluran live.
Sebagai contoh, ketika ingin menawarkan dan menjual pakaian dengan target audiens para remaja, maka gunakan judul Live Shopee yang kekinian. Strategi ini dapat meningkatkan daya tarik para remaja untuk bergabung ke saluran Live Shopee.
Produk dan branding adalah kunci utama dalam bisnis. Pastikan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen aman dan berkualitas.
Jangan menjual produk yang overclaim. Ketika konsumen membeli sebuah produk, berharap akan mendapatkan manfaat atau khasiat seperti yang diiklankan. Jika tidak sesuai, akan berisiko menipu konsumen. Pastikan pula produk menggunakan bahan atau material yang aman, sehingga tidak membahayakan dan mengancam keselamatan konsumen.
Jangan lupa untuk memperhatikan kemasan produknya. Ada baiknya, menggunakan kemasan produk yang mudah dan menarik.
Sebelum menggunakan jasa Live Shopee, ciptakan branding yang unik. Branding adalah strategi untuk memperkenalkan bisnis dan produk kepada konsumen. Strategi branding yang matang dapat meningkatkan daya tarik dan rasa penasaran konsumen terhadap bisnis maupun produk.
Selain menemukan cara mempresentasikan branding yang tepat, berikan informasi produk yang jelas kepada konsumen. Paparkan semua kelebihan, keunggulan, atau keunikan produk. Tonjolkan nilai tambah pada produk untuk menarik minat konsumen.
Saat mempercayakan penawaran produk bisnis kepada jasa Live Shopee, jangan lupa untuk melakukan diskusi terkait penggunaan kata kunci. Apa itu kata kunci atau keyword?
Kata kunci adalah kata yang sering digunakan oleh para calon konsumen untuk menemukan produk di Shopee. Sebagai contoh, “celana panjang wanita”, “kemeja pria”, “masker wajah terbaik” dan kata kunci lainnya.
Penggunaan kata kunci akan membantu video Live Shopee masuk ke dalam algoritma Shopee. Semakin tepat dan akurat kata kunci yang digunakan, Shopee akan merekomendasikan video live tersebut kepada konsumen.
Biasanya, jasa Live Shopee akan menyematkan kata kunci pada judul. Contohnya, “Live Shopee: Celana Kulot Wanita Murah Flash Sales 75%”. Judul Live Shopee harus singkat dan jelas. Tujuannya, agar audiens dapat memahami Live Shopee tersebut dengan mudah dan tertarik untuk menontonnya.
Jasa Live Shopee berpengalaman, umumnya sudah terlatih dalam menawarkan dan mempromosikan produk kepada konsumen. Bahasa yang digunakan menarik, lugas dan jelas, sehingga konsumen semakin mudah dalam menangkap informasi.
Namun, tidak ada salahnya jika pemilik bisnis memberikan brief khusus terkait kata-kata apa saja yang ingin ditekankan kepada konsumen. Misalnya saja, “harga spesial”, “flash sale”, “cuci gudang”, live setiap hari” dan kata-kata persuasif lainnya.
Kalimat atau kata yang bersifat persuasif, dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli dan menggunakan produk. Semakin besar daya tarik konsumen terhadap suatu produk, maka dapat meningkatkan penjualan.
Tips sukses menggunakan jasa Live Shopee selanjutnya, yakni dengan membuat daftar pertanyaan yang mengundang perhatian konsumen. Daftar pertanyaan ini akan diajukan oleh Shopee Streamer saat melakukan live. Tujuan dari memberikan pertanyaan yang mengundang perhatian, yakni untuk menarik rasa penasaran dan minat konsumen.
Tidak semua konsumen yang bergabung ke saluran live langsung membeli produk. Sebagian konsumen memilih keluar saat live berlangsung. Itulah mengapa, pertanyaan yang dapat mengundang perhatian konsumen menjadi hal yang penting.
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat bersifat memaksa. Sebagai contoh, “kapan lagi bisa mendapatkan masker wajah gratis”, “kapan lagi bisa membeli kemeja berbahan premium dengan harga murah” dan pertanyaan lainnya.
Pertanyaan semacam ini dapat mempengaruhi konsumen untuk segera membeli produk. Pasalnya, kesempatan untuk membeli produk murah dengan kualitas bagus tidak selalu datang dua kali.
Salah satu kunci sukses Live Shopee adalah dengan membangun interaksi dengan audiens. Pemilik bisnis dapat menekankan hal ini kepada jasa Live Shopee.
Ketika Live Shopee berlangsung, ajak calon pembeli yang menonton untuk memberikan interaksi. Interaksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan calon pembeli. Selain itu, juga dapat meminta calon pembeli untuk meninggalkan komentar melalui kolom chat.
Berikan respon yang cepat, ramah dan menyenangkan kepada calon pembeli. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli dengan penjual.
Pembeli yang diperlakukan dengan baik, akan memberikan feedback yang baik pula. Sebab, merasa dihargai sebagai seorang pembeli.
Membangun interaksi dengan audiens, tidak hanya dapat meningkatkan engagement bisnis saja. Namun, juga dapat membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.
Tips yang tak kalah penting, yakni menentukan waktu Live Shopee. Pemilik bisnis dapat mendiskusikan hal ini dengan jasa Live Shopee agar mengetahui kapan saja waktu yang tepat untuk melakukan live.
Waktu Live Shopee yang ideal, dapat menarik lebih banyak audiens untuk menonton. Setiap demografi target pasar dan jenis produk memiliki waktu yang berbeda-beda.
Untuk mengetahui waktu terbaik untuk live, ada baiknya melakukan riset pasar. Cara lainnya, bisa dengan melakukan survey sederhana kepada pelanggan.
Contoh jadwal Live Shopee yang dapat dibuat antara lain, pukul 10.00 WIB live produk fashion, pukul 13.00 WIB live produk untuk gaya hidup, pukul 16.00 WIB live produk kecantikan dan seterusnya. Pastikan untuk membuat jadwal Live Shopee yang terencana agar kegiatan promosi dan penjualan produk berlangsung dengan lancar.
Saat memanfaatkan jasa Live Shopee, jangan lupa untuk mempromosikan konten sebelum live dimulai. Pemilik bisnis dapat membagikan jadwal Live Shopee melalui berbagai macam media sosial, salah satunya adalah Instagram.
Pemberitahuan ini akan menginformasikan kepada para follower jika Live Shopee akan diadakan. Agar followers semakin tertarik untuk bergabung, berikan sedikit bocoran terkait produk yang akan dipromosikan.
Selain itu, berikan alasan kepada follower untuk bergabung ke saluran Live Shopee. Hal ini bertujuan agar para follower tidak melewatkan jadwal Live Shopee. Alasan yang bisa diberikan seperti adanya diskon spesial, produk eksklusif, give away dan lain sebagainya.
Jangan ragu untuk meminta jasa Live Shopee melakukan demonstrasi produk. Demonstrasi produk merupakan salah satu cara Live Shopee yang dinilai efektif untuk mempengaruhi calon pembeli.
Sebagian konsumen yang sudah membeli produk seringkali tidak mendapatkan manfaat produk dengan maksimal karena tidak mengetahui cara tepatnya penggunaannya. Karena itulah, demonstrasi produk juga membantu audiens untuk memahami penggunaan produk dengan cara yang benar.
Sebagai pemilik bisnis, tak ada salahnya memberikan penawaran eksklusif selama live berlangsung. Strategi live ini dapat disampaikan kepada jasa Live Shopee.
Penawaran eksklusif menjadi salah satu cara jitu untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, strategi ini dapat mendorong keinginan audiens untuk segera membeli produk yang ditawarkan.
Penawaran eksklusif yang dapat diberikan seperti diskon besar-besaran, gratis ongkir dan penawaran lainnya. Agar audiens tidak kebingungan, jelaskan penawaran eksklusif tersebut dengan detail dan jelas.
Penting untuk selalu diingat oleh pemilik bisnis, jika produk yang ditawarkan kepada konsumen bukanlah satu-satunya produk. Dalam arti lain, ada banyak produk serupa yang beredar di pasaran.
Itulah mengapa, penawaran eksklusif ini menjadi nilai tambah. Selain menjaga kepercayaan konsumen, juga membantu bisnis untuk tetap eksis di tengah persaingan.
Selain menggunakan jasa Live Shopee, mengundang influencer untuk berkolaborasi, menjadi salah satu strategi yang tepat untuk menarik lebih banyak audiens. Influencer memiliki peran dan dampak yang besar untuk meningkatkan kredibilitas produk.
Namun, memilih influencer untuk turut berkolaborasi tidak bisa dilakukan asal-asalan. Pastikan mengundang influencer yang relevan dengan produk dan target pasar.
Sebagai contoh, jika produk yang ditawarkan adalah produk kecantikan, bisa mengundang beauty vlogger. Jika produk berupa pakaian, bisa mengundang influencer yang ahli dalam bidang fashion.
Influencer dengan jumlah follower yang banyak, ratusan ribu atau jutaan, juga bisa dipertimbangkan. Umumnya, follower akan terinspirasi dengan influencer yang diikutinya, sehingga tertarik untuk membeli produk.
Pertimbangkan pula untuk mengundang influencer yang memiliki pengetahuan strategi marketing. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah audiens karena menjangkau pasar yang lebih luas.
Pemilik bisnis bisa saling bertukar ide marketing dengan jasa Live Shopee untuk memberikan giveaway produk atau hadiah saat live. Hal ini dapat meningkatkan rasa ketertarikan audiens untuk mengikuti Live Shopee dari awal hingga akhir.
Mintalah kepada Shopee Streamer untuk menjelaskan detail giveaway dan hadiahnya. Jangan lupa untuk memberitahukan cara mengikuti giveaway kepada penonton. Misalnya saja dengan meninggalkan komentar di kolom chat, berbagi saluran live, atau membeli produk tertentu.
Setelah Live Shopee berakhir, Shopee Streamer akan memilih audiens yang beruntung sebagai pemenang secara acak sesuai ketentuan. Jangan lupa untuk mengumumkan pemenangnya, baik itu saat live masih berlangsung atau melalui postingan media sosial. Tujuannya, agar calon konsumen yang belum mengetahui adanya Live Shopee, dapat bergabung di lain kesempatan.
Tips terakhir yang tak boleh sampai dilewatkan, yakni lakukan evaluasi bersama jasa Live Shopee. Setiap sesi live berakhir, buatlah daftar evaluasi yang perlu dilakukan.
Analisis semua data yang dikumpulkan selama live. Misalnya, jumlah audiens, interaksi audiens, jumlah penjualan produk dan lain sebagainya.
Evaluasi ini bertujuan untuk memperbaiki dan memaksimalkan strategi pemasaran. Harapannya, saat live selanjutnya, jumlah audiens dan produk yang dijual semakin meningkat, sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.
Jasa Live Shopee merupakan salah satu layanan digital marketing yang dapat membantu pelaku bisnis untuk mengembangkan dan memajukan usahanya. Live Shopee berperan penting dalam meningkatkan penjualan produk karena dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Hal ini dapat berdampak positif pada peningkatan keuntungan bisnis.
Meskipun menjanjikan banyak keuntungan, penggunaan jasa Live Shopee perlu diperhatikan. Ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan oleh pelaku bisnis. Mulai dari persiapan produk dan branding, memahami target pasar, merencanakan konten live dengan strategis sesuai algoritma Shopee, membuat jadwal live, berkolaborasi dengan influencer, memberikan giveaway, hingga evaluasi.
Peran jasa Live Shopee yang sangat penting, membuat pelaku bisnis semakin selektif dalam memanfaatkannya. Bagi pemilik bisnis yang tengah membutuhkan jasa Live Shopee profesional dan berpengalaman, percayakan kepada Mea Agency.
MEA Agency adalah agency yang berfokus pada bidang digital marketing. MEA Agency sudah ada sejak 2020 dan kini telah sukses membantu lebih dari 700 UMKM di Indonesia dalam mengembangkan pemasaran berbasis digital.
Jasa digital marketing yang ditawarkan cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Seperti halnya, digital marketing di marketplace dan sosial media.
Mari membangun dan memajukan bisnis bersama MEA Agency. MEA Agency siap memberikan solusi digital marketing yang tepat, efektif dan efisien.
MEA Agency telah berkomitmen untuk memberikan strategi digital marketing yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi maupun tren. Hal ini dilakukan untuk membantu pelaku bisnis dalam menjalankan usaha onlinenya secara sistematis dan berkelanjutan.
1. Apa saja tips sukses menggunakan jasa Live Shopee untuk bisnis?
2. Apa saja keuntungan menggunakan jasa Live Shopee?
3. Dimana mendapatkan jasa Live Shopee berpengalaman dan profesional?
Bagi pelaku bisnis yang tengah membutuhkan jasa Live Shopee berpengalaman dan profesional, dapat mempercayakannya kepada MEA Agency. MEA Agency adalah digital marketing agency yang sudah ada sejak 2020. Hingga saat ini telah berhasil mengembangkan lebih dari 700 UMKM di seluruh Indonesia. MEA Agency terus berkomitmen untuk membantu para pemilik bisnis dalam mengembangkan usahanya dengan layanan digital marketing yang inovatif.