Tingkatkan Engagement dengan Jasa Live TikTok Profesional

Live streaming TikTok menjadi layanan profesional untuk online shop di platform TikTok. Jika menggunakan jasa live TikTok, maka dapat meningkatkan penjualan dan visibilitas produk. Caranya cukup dengan melakukan live interaktif di media sosial tersebut kepada calon pembeli.

Layanan ini memunkinkan pengguna melakukan siaran langsung dan secara real time berinteraksi dengan penonton, menerima tanggapan berbentuk komentar, memberikan konten langsung, hadiah virtual, maupun fitur yang lain.

Jasa Live TikTok Profesional, Tingkatkan Engagement dengan Viewers

Salah satu cara meningkatkan engagement dengan viewers adalah menggunakan strategi TikTok Live yang tepat. Dengan demikian dapat mencapai tujuan seperti peningkatan jumlah followers atau penjualan produk.

Adanya fitur TikTok Shop dengan TikTok Live akan memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk berbelanja. Jadi, untuk flash sale tidak hanya bisa melakukannya via ecommerce saja. Karena kini dalam sesi live TikTok sudah banyak penjual yang memberikan diskon besar-besaran untuk mengundang minat pelanggan yang lebih tinggi jumlahnya.

Meskipun telah menggunakan TikTok Live, namun tidak sedikit yang tak bisa membangun interaksi dengan viewer dengan baik. Agar dapat menghindari hal tersebut, maka memerlukan jasa TikTok Live yang mempunyai banyak strategi untuk meningkatkan engagement, antara lain sebagai berikut.

1. Kolaborasi dengan Influencer

Live TikTok bisa bersama influencer ternama akan membantu meningkatkan viewers. Meski demikian, perlu strategi yang tepat dalam memilih influencer. Sebaiknya memilih influencer yang memahami produk. Dengan demikian akan memberikan pengaruh yang besar untuk industri bisnis yang sedang Anda jalani.

2. Sebelum Mulai Live, Promosikan Dahulu

Salah satu strategi TikTok Live yang kadang terlupakan adalah membuat video promosi. Terlebih dahulu, buatlah video TikTok untuk mempromosikan acara live. Jika hal tersebut Anda lakukan, maka follower akan tahu dan mudah untuk mengingat jadwal live. Meskipun waktunya kurang tepat dengan jadwal live, paling tidak followers tahu bahwa Anda sering mengadakan live. Selain itu, kapan video tersebut masuk FYP pengguna TikTok tidak ada yang tahu.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mempersiapkan dengan baik live TikTok untuk meningkatkan kualitas dan daya tariknya. Rencanakan konten dan pilih lokasi dengan pencahayaan cukup supaya video terlihat jelas. Pastikan apabila kondisi di sekitar tenang atau bisa menggunakan mikrofon eksternal untuk mendapatkan audio yang lebih baik. Tambahkan efek visual atau filter saat live streaming untuk menambah daya tarik.

Gunakan jasa live TikTok jika merasa ragu dengan rencana siaran langsung di platform ini. Pasalnya topik konten pada saat live harus mempunyai tujuan, seperti edukasi, menghibur atau sekedar menjaga relasi dengan followers. Dengan perencanaan tepat, maka akan menarik perhatian banyak followers.

3. Perhatikan Durasi Live

Menggunakan jasa TikTok Live perlu merencanakan berapa lama berlangsungnya live TikTok. Untuk durasi yang direkomendasikan kurang lebih 30 menit. Agar agenda live lebih terarah, jelas, dan on point, maka perlu perencanaan yang baik.

Berbagai durasi live streaming dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk durasi pendek antara 5-15 menit cocok untuk perkenalan produk baru maupun menyoroti penawaran spesial. Sedangkan untuk durasi sedang antara 15-30 menit cocok untuk memberikan demo atau tutorial, menjelaskan fitur produk, hingga menjawab pertanyaan dari para calon pembeli.

Durasi panjang antara 1 jam hingga 2 jam dapat memberikan lebih banyak waktu untuk menjelaskan berbagai hal terkait penawaran produk dan jasa. Bahkan bisa menggunakan waktu tersebut untuk sesi tanya jawab dan penutupan. Untuk durasi full time satu hari atau durasi event ini merupakan livestreaming by request.

Bagi pengguna yang memenuhi persyaratan tertentu, maka TikTok mengizinkan live streaming hingga 4 jam lebih. Untuk durasi live bervariasi, tergantung peraturan dan kebijakan yang TikTok berlakukan.

Biasanya, streaming langsung Tiktok tidak tersedia untuk rekam atau tonton ulang setelah siaran selesai. Fitur yang terdapat di platform tersebut dirancang khusus untuk memberikan pengalaman konten yang interaktif dan real time.

4. Sesi Q&A

Strategi berikutnya agar audiens selalu tetap terhubung dengan brand adalah mengadakan sesi Q&A. Hal yang perlu dilakukan adalah menjawab pertanyaan dalam kolom komentar. Audiens akan lebih suka jika kita menyebut nama penanya.

Kemudian dalam sesi tersebut diadakan berbeda dengan sesi live. Cara seperti itu akan membuat audiens dapat menyiapkan pertanyaan lebih banyak dan leluasa saat bertanya. Host atau moderator dapat melontarkan pertanyaan terlebih dahulu jika dalam kolom komentar tak banyak pertanyaan. Bisa pula dengan mendorong viewers agar request atau bertanya.

5. Sesi Behind the Scenes

Untuk membuat viewer merasa ikut terlibat dalam perjalanan brand, maka gunakan strategi dengan memberikan konten yang spesial. Misalnya saja dengan menunjukkan behind the scenes proses pembuatan konten secara live sehari-hari. Dengan demikian, viewers akan merasa lebih dekat dan orang yang penasaran dengan produksi konten, dengan adanya di balik layar ini dapat mengetahui prosesnya secara lengkap dan akurat.

6. Memilih Moderator

Jasa host pemandu sesi untuk TikTok Live bermacam-macam. Ada yang live berdua, bertiga, bahkan lebih dan ada pula yang seorang diri. Dalam hal ini, moderator memegang peran sebagai pemandu jalannya live bersama host. Seperti moderator dalam seminar yang bergabung bersama host dalam sesi live tersebut.

Kemudian terdapat moderator dalam konteks user atau pengguna TikTok. Mereka akan memanfaatkan fitur Moderator yang memungkingkan untuk menyaring komentar kurang pantas di dalam live. Bahkan dapat mengeluarkan viewer yang berpotensi untuk mengganggu acara live tersebut.

7. Libatkan Ide Followers

Untuk meningkatkan engagement, libatkan viewers dalam sesi TikTok live. Mintalah pada mereka untuk turut serta memberikan ide influencer, tema live, atau yang lainnya. Cara seperti ini akan membuat mereka merasa dianggap atau dilibatkan.

Apresiasi terhadap penggemar secara publik juga dapat membuat viewers senang menonton live dan merasa dihargai. Sebagai feedback, berikan hadiah atau sesi giveaway kepada followers yang mempunyai ide paling menarik.

8. Live Bersama Followers

Agar lebih dekat dengan orang-orang yang suka dengan konten TikTok atau pengguna dari produk brand, maka ajak followers untuk mengikuti live bersama. Kemudian ajak untuk mendiskusikan atau mengobrol santai terhadap hal yang mereka sukai.

Komentar penonton perlu untuk Anda baca dan tanggapi. Sebagai tanggapan, pakailah emoji atau hadiah virtual dan berikan penghargaan untuk penonton yang paling aktif. Ajaklah penonton untuk berpartisipasi atau ajukan beberapa pertanyaan.

Interaksi seperti ini dapat meningkatkan engagement dengan viewers dan memberikan kesempatan untuk memahami berbagai kebutuhan target audiens. Bahkan dapat menciptakan citra brand atau content creator yang ramah.

Untuk meningkatkan pengalaman live lebih menyenangkan, pengguna dapat memakai musik. TikTok telah menyediakan berbagai macam musik dan lagu yang bisa ditambahkan saat live. Carilah lagu melalui perpustakaan musik TikTok, pilih sesuka hati atau gunakan soundtrack populer yang tersedia.

Untuk live bersama orang lain atau pengguna TikTok lain dengan buka aplikasi TikTok, klik (+) atau Create, masukkan judul live di Add a Tittle, tekan Go Live. Setelah itu, tekan di sisi kiri bawah, tombol Undang. Pilihlah teman dan maksimalkan kolaborasi supaya live berjalan seru.

Manfaat Menggunakan Live Streaming TikTok

Jika menggunakan jasa live TikTok, maka akan mendapatkan sejumlah manfaat seperti berikut ini:

  • Meningkatkan penjualan
  • Dapat memperluas jangkauan pelanggan
  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan
  • Secara cepat dapat memperkenalkan produk
  • Membangun engagement dan brand personality
  • Meningkatkan citra merek usaha
  • Topik bisa request dan tema live streaming biasanya sudah tersedia
  • Meningkatkan traffic lebih banyak
  • Durasi live streaming bisa menyesuaikan kebutuhan, fulltime, jam, atau hari
  • Mampu memberikan kepuasan pelanggan
  • Sudah tersedia talent berpengalaman dan profesional, baik itu perempuan maupun laki-laki
  • Gratis konsultasi terlebih dahulu
  • Dapat meningkatkan potensi pelanggan baru dan jumlah penonton
  • Meningkatkan keuntungan dengan peningkatan penjualan jasa atau produk
  • Jasa live streaming TikTok pada umumnya menyediakan tempat atau studio shooting dan peralatan lainnya seperti kamera, digital asset, operator streaming, dan laptop.

Layanan streaming TikTok umumnya untuk promosi produk, konten kreator, event, konsultan, acara wedding, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan follower. Selain itu juga bisa untuk personal branding, iklan di Google Ads, dan berbagai acara lainnya.

Alasan Live TikTok Menguntungkan

Jumlah pengguna TikTok di Indonesia menempati peringkat kedua di dunia. Berdasarkan survei Adweek-Morning Consult, sebanyak 49% dari pengguna TikTok membeli produk sesudah mereka melihat promosi dan review melalui live atau video di TikTok. Sehingga, terdapat beberapa alasan mengapa live menggunakan media TikTok sangat menguntungkan.
  • TikTok mempunyai potensi besar karena mempunyai pengguna aktif lebih dari 1 miliar setiap bulannya. Terutama para pengguna paling aktif adalah generasi muda.
  • Menggunakan jasa live TikTok mampu menarik perhatian konsumen dengan interaktif dan kreatif. Live atau siaran langsung menjadi salah satu cara agar akun TikTok lebih interaktif dan aktif. Jika akun aktif maka dapat menarik banyak viewers dan juga likes sehingga semakin populer dan berkesempatan untuk mendapat berbagai penawaran menarik seperti endorse.
  • Keuntungan berikutnya dapat meningkatkan engagement dengan konsumen, caranya menggunakan interaksi secara langsung.
  • Meningkatkan penjualan melalui fitur yang tersedia di TikTok, yakni fitur Belanja Langsung.
  • Live streaming di TikTok juga berpeluang untuk mendatangkan pelanggan baru lebih banyak.
Sebelum menggunakan jasa live TikTok, tentu akan mengalami kesulitan membuat konten yang menarik. Apalagi jika tidak mengetahui algoritma TikTok dan tidak punya skill khusus untuk melakukan riset konten yang baik dan tepat. Selain itu, sulit mendapatkan engagement, follower baru, sepi pelanggan, dan host kurang profesional. Namun, setelah memakai jasa live TikTok tentu konten akan lebih bervariasi dan menarik. Kemudian engagement dan kepercayaan dari pelanggan meningkat. Menariknya lagi, brand awareness dan penjualan meningkat, pelanggan tinggi interaksi, serta mendapatkan host lebih profesional.    

Jasa Live TikTok MEA Digital Marketing

MEA Digital Marketing telah hadir sejak tahun 2020 dan sukses mengelola 700 UMKM lebih di seluruh Indonesia. Digital marketing agency ini memiliki produk utama seperti platform edu-tech SkilSkul Academy meliputi mini workshop, workshop, webinar, dan bootcamp. Kemudian ada tools digital marketing seperti Shopeasytools, Gowebin, dan Sebari. Produk terakhir yang diluncurkan adalah jasa digital marketing meliputi affiliate marketing, jasa optimasi marketplace, jasa optimasi sosial media dan jasa optimasi digital advertising. MEA membantu kemajuan para pelaku bisnis dan UMKM dengan berinovasi mengembangkan teknologi digital marketing. Platform edukasi rancangan MEA di bawah payung dari SkilSkul Academy dengan basis luring dan daring. Secara umum MEA juga memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia melalui kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga pemerintahan. Bahkan MEA menghadirkan konten hiburan dan edukasi melalui berbagai platform seperti TikTok, Facebook, YouTube, Instagram, hingga artikel website. MEA menjadi sahabat bagi para pelaku usaha yang membantu mencapai keberhasilan bisnis. Melalui jasa digital marketing, Kemudian MEA turut memberdayakan UMKM sehingga dapat mengembangkan bisnis lebih cepat. MEA progresif dalam mengembangkan bisnis wirausaha atau UMKM melalui jasa pemasaran secara online yang beragam. Baik itu untuk sosial media maupun marketplace. MEA selalu menghasilkan inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Solusi digital marketing yang sesuai tersebut cocok untuk menjalankan bisnis online berkelanjutan dan secara terukur. MEA merancang platform kelas online untuk menambah kemampuan, keterampilan dan mendapatkan penghasilan signifikan. Berbagai jenis produk dan jasa yang MEA sediakan seperti training dan pelatihan, affiliate marketing, jasa sosial media, jasa e commerce, serta jasa digital marketing full.

Kesimpulan

Jadi, jasa TikTok live bisa untuk kepentingan komersial, misalnya saja seperti promosi produk. Dengan adanya sesi live dapat meningkatkan engagement dengan para audiens. Live streaming TikTok merupakan fitur siaran langsung video untuk berbagi konten kepada penonton secara live. Selama video berlangsung, maka dapat menjual produk di platform ini. Karena TikTok telah menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan, memperkenalkan, dan menjualnya secara langsung kepada para penonton. Strategi yang perlu dilakukan adalah menampilkan produk, menjawab pertanyaan penonton, memberikan deskripsi, dan mendorong untuk melakukan pembelian. Jasa TikTok live bisa mengoptimalkan bisnis lantaran telah mempunyai tim ahli. Bahkan didukung tim dengan pengalaman handal di institusi pemasaran dan sosial media. Tim secara khusus akan merancang strategi pemasaran yang tepat, lalu memaksimalkan potensi bisnis. Penyedia jasa akan membantu mulai dari persiapan materi, pengaturan saat live hingga pengukuran hasil kampanye. Dengan jasa live TikTok, memungkinkan untuk menyajikan konten yang menarik. Sehingga dapat meningkatkan penjualan, visibilitas merek, dan mencapai keterlibatan lebih tinggi. Maka dari itu, untuk memperluas jangkauan bisnis Anda bisa memanfaatkan live streaming.

FAQ

1. Bagaimana cara tingkatkan engagement dengan jasa live TikTok Profesional?

Cara meningkatkan engagement menggunakan jasa live TikTok profesional dengan melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan penonton secara real time. Di samping memberikan konten langsung, juga bisa berinteraksi dengan memberikan respons dalam bentuk komentar, hadiah virtual, serta menggunakan berbagai fitur lain yang terdapat di platform TikTok live dan TikTok shop.

2. Bagaimana cara untuk memulai streaming Live TikTok?

Cara memulai live streaming TikTok mudah, pertama buka aplikasi TikTok. Langkah berikutnya masuk akun dan klik ikon + untuk membuka menu kamera yang terdapat di bagian bawah layar. Klik opsi Live atau ikon berbentuk lingkaran dan tanda Live. Untuk live streaming gunakan judul menarik dan atur privasi. Tekan Go Live agar bisa segera memulai siaran langsung.

3. Apakah melalui live streaming TikTok ini bisa mendapatkan penghasilan?

Ya, melalui live streaming TikTok, Anda bisa menghasilkan pendapatan berupa hadiah virtual dari para penonton, endorse dengan merek, kolaborasi, hingga sponsorship dari perusahaan. Bahkan bisa melakukan jualan produk secara langsung kepada penonton.