Live streaming TikTok menjadi layanan profesional untuk online shop di platform TikTok. Jika menggunakan jasa live TikTok, maka dapat meningkatkan penjualan dan visibilitas produk. Caranya cukup dengan melakukan live interaktif di media sosial tersebut kepada calon pembeli.
Layanan ini memunkinkan pengguna melakukan siaran langsung dan secara real time berinteraksi dengan penonton, menerima tanggapan berbentuk komentar, memberikan konten langsung, hadiah virtual, maupun fitur yang lain.
Salah satu cara meningkatkan engagement dengan viewers adalah menggunakan strategi TikTok Live yang tepat. Dengan demikian dapat mencapai tujuan seperti peningkatan jumlah followers atau penjualan produk.
Adanya fitur TikTok Shop dengan TikTok Live akan memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk berbelanja. Jadi, untuk flash sale tidak hanya bisa melakukannya via ecommerce saja. Karena kini dalam sesi live TikTok sudah banyak penjual yang memberikan diskon besar-besaran untuk mengundang minat pelanggan yang lebih tinggi jumlahnya.
Meskipun telah menggunakan TikTok Live, namun tidak sedikit yang tak bisa membangun interaksi dengan viewer dengan baik. Agar dapat menghindari hal tersebut, maka memerlukan jasa TikTok Live yang mempunyai banyak strategi untuk meningkatkan engagement, antara lain sebagai berikut.
Live TikTok bisa bersama influencer ternama akan membantu meningkatkan viewers. Meski demikian, perlu strategi yang tepat dalam memilih influencer. Sebaiknya memilih influencer yang memahami produk. Dengan demikian akan memberikan pengaruh yang besar untuk industri bisnis yang sedang Anda jalani.
Salah satu strategi TikTok Live yang kadang terlupakan adalah membuat video promosi. Terlebih dahulu, buatlah video TikTok untuk mempromosikan acara live. Jika hal tersebut Anda lakukan, maka follower akan tahu dan mudah untuk mengingat jadwal live. Meskipun waktunya kurang tepat dengan jadwal live, paling tidak followers tahu bahwa Anda sering mengadakan live. Selain itu, kapan video tersebut masuk FYP pengguna TikTok tidak ada yang tahu.
Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mempersiapkan dengan baik live TikTok untuk meningkatkan kualitas dan daya tariknya. Rencanakan konten dan pilih lokasi dengan pencahayaan cukup supaya video terlihat jelas. Pastikan apabila kondisi di sekitar tenang atau bisa menggunakan mikrofon eksternal untuk mendapatkan audio yang lebih baik. Tambahkan efek visual atau filter saat live streaming untuk menambah daya tarik.
Gunakan jasa live TikTok jika merasa ragu dengan rencana siaran langsung di platform ini. Pasalnya topik konten pada saat live harus mempunyai tujuan, seperti edukasi, menghibur atau sekedar menjaga relasi dengan followers. Dengan perencanaan tepat, maka akan menarik perhatian banyak followers.
Menggunakan jasa TikTok Live perlu merencanakan berapa lama berlangsungnya live TikTok. Untuk durasi yang direkomendasikan kurang lebih 30 menit. Agar agenda live lebih terarah, jelas, dan on point, maka perlu perencanaan yang baik.
Berbagai durasi live streaming dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk durasi pendek antara 5-15 menit cocok untuk perkenalan produk baru maupun menyoroti penawaran spesial. Sedangkan untuk durasi sedang antara 15-30 menit cocok untuk memberikan demo atau tutorial, menjelaskan fitur produk, hingga menjawab pertanyaan dari para calon pembeli.
Durasi panjang antara 1 jam hingga 2 jam dapat memberikan lebih banyak waktu untuk menjelaskan berbagai hal terkait penawaran produk dan jasa. Bahkan bisa menggunakan waktu tersebut untuk sesi tanya jawab dan penutupan. Untuk durasi full time satu hari atau durasi event ini merupakan livestreaming by request.
Bagi pengguna yang memenuhi persyaratan tertentu, maka TikTok mengizinkan live streaming hingga 4 jam lebih. Untuk durasi live bervariasi, tergantung peraturan dan kebijakan yang TikTok berlakukan.
Biasanya, streaming langsung Tiktok tidak tersedia untuk rekam atau tonton ulang setelah siaran selesai. Fitur yang terdapat di platform tersebut dirancang khusus untuk memberikan pengalaman konten yang interaktif dan real time.
Strategi berikutnya agar audiens selalu tetap terhubung dengan brand adalah mengadakan sesi Q&A. Hal yang perlu dilakukan adalah menjawab pertanyaan dalam kolom komentar. Audiens akan lebih suka jika kita menyebut nama penanya.
Kemudian dalam sesi tersebut diadakan berbeda dengan sesi live. Cara seperti itu akan membuat audiens dapat menyiapkan pertanyaan lebih banyak dan leluasa saat bertanya. Host atau moderator dapat melontarkan pertanyaan terlebih dahulu jika dalam kolom komentar tak banyak pertanyaan. Bisa pula dengan mendorong viewers agar request atau bertanya.
Untuk membuat viewer merasa ikut terlibat dalam perjalanan brand, maka gunakan strategi dengan memberikan konten yang spesial. Misalnya saja dengan menunjukkan behind the scenes proses pembuatan konten secara live sehari-hari. Dengan demikian, viewers akan merasa lebih dekat dan orang yang penasaran dengan produksi konten, dengan adanya di balik layar ini dapat mengetahui prosesnya secara lengkap dan akurat.
Jasa host pemandu sesi untuk TikTok Live bermacam-macam. Ada yang live berdua, bertiga, bahkan lebih dan ada pula yang seorang diri. Dalam hal ini, moderator memegang peran sebagai pemandu jalannya live bersama host. Seperti moderator dalam seminar yang bergabung bersama host dalam sesi live tersebut.
Kemudian terdapat moderator dalam konteks user atau pengguna TikTok. Mereka akan memanfaatkan fitur Moderator yang memungkingkan untuk menyaring komentar kurang pantas di dalam live. Bahkan dapat mengeluarkan viewer yang berpotensi untuk mengganggu acara live tersebut.
Untuk meningkatkan engagement, libatkan viewers dalam sesi TikTok live. Mintalah pada mereka untuk turut serta memberikan ide influencer, tema live, atau yang lainnya. Cara seperti ini akan membuat mereka merasa dianggap atau dilibatkan.
Apresiasi terhadap penggemar secara publik juga dapat membuat viewers senang menonton live dan merasa dihargai. Sebagai feedback, berikan hadiah atau sesi giveaway kepada followers yang mempunyai ide paling menarik.
Agar lebih dekat dengan orang-orang yang suka dengan konten TikTok atau pengguna dari produk brand, maka ajak followers untuk mengikuti live bersama. Kemudian ajak untuk mendiskusikan atau mengobrol santai terhadap hal yang mereka sukai.
Komentar penonton perlu untuk Anda baca dan tanggapi. Sebagai tanggapan, pakailah emoji atau hadiah virtual dan berikan penghargaan untuk penonton yang paling aktif. Ajaklah penonton untuk berpartisipasi atau ajukan beberapa pertanyaan.
Interaksi seperti ini dapat meningkatkan engagement dengan viewers dan memberikan kesempatan untuk memahami berbagai kebutuhan target audiens. Bahkan dapat menciptakan citra brand atau content creator yang ramah.
Untuk meningkatkan pengalaman live lebih menyenangkan, pengguna dapat memakai musik. TikTok telah menyediakan berbagai macam musik dan lagu yang bisa ditambahkan saat live. Carilah lagu melalui perpustakaan musik TikTok, pilih sesuka hati atau gunakan soundtrack populer yang tersedia.
Untuk live bersama orang lain atau pengguna TikTok lain dengan buka aplikasi TikTok, klik (+) atau Create, masukkan judul live di Add a Tittle, tekan Go Live. Setelah itu, tekan di sisi kiri bawah, tombol Undang. Pilihlah teman dan maksimalkan kolaborasi supaya live berjalan seru.
Jika menggunakan jasa live TikTok, maka akan mendapatkan sejumlah manfaat seperti berikut ini:
Layanan streaming TikTok umumnya untuk promosi produk, konten kreator, event, konsultan, acara wedding, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan follower. Selain itu juga bisa untuk personal branding, iklan di Google Ads, dan berbagai acara lainnya.
1. Bagaimana cara tingkatkan engagement dengan jasa live TikTok Profesional?
Cara meningkatkan engagement menggunakan jasa live TikTok profesional dengan melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan penonton secara real time. Di samping memberikan konten langsung, juga bisa berinteraksi dengan memberikan respons dalam bentuk komentar, hadiah virtual, serta menggunakan berbagai fitur lain yang terdapat di platform TikTok live dan TikTok shop.
2. Bagaimana cara untuk memulai streaming Live TikTok?
Cara memulai live streaming TikTok mudah, pertama buka aplikasi TikTok. Langkah berikutnya masuk akun dan klik ikon + untuk membuka menu kamera yang terdapat di bagian bawah layar. Klik opsi Live atau ikon berbentuk lingkaran dan tanda Live. Untuk live streaming gunakan judul menarik dan atur privasi. Tekan Go Live agar bisa segera memulai siaran langsung.
3. Apakah melalui live streaming TikTok ini bisa mendapatkan penghasilan?
Ya, melalui live streaming TikTok, Anda bisa menghasilkan pendapatan berupa hadiah virtual dari para penonton, endorse dengan merek, kolaborasi, hingga sponsorship dari perusahaan. Bahkan bisa melakukan jualan produk secara langsung kepada penonton.