Sobat MEA mungkin udah sadar, saat ini ada banyak orang berjualan di TikTok dengan cara live streaming. Bahkan, enggak sedikit juga dari mereka yang memakai jasa host live TikTok untuk mempromosikan produk jualan.
Seperti yang telah kita ketahui, dunia digital saat ini sudah banyak berkembang. Begitu pun dengan bagaimana cara orang-orang berjualan yang kini telah banyak berubah.
Kalau dulu kita sebagai penjual cuma mengenal cara berjualan lewat offline, melayani pelanggan secara langsung dan melakukan transaksi secara tunai. Sementara sekarang, dunia e-commerce telah mengambil alih dengan kecepatan yang luar biasa.
Tidak berhenti sampai situ, perilaku pelanggan maupun penjual juga sekarang sudah semakin berkembang lagi, yang pada awalnya cuma mempromosikan lewat konten atau postingan di media sosial, sekarang tradisi menjajakan dagangan secara langsung kepada pelanggan sudah kembali lagi, tetapi tetap dilakukan secara online.
Gimana caranya? Sudah pasti lewat live streaming!
Hadirnya live streaming sebagai medium jualan yang baru memang membuat dinamika perkembangan dunia jual-beli makin terasa. Bukan cuma sekadar tren, kegiatan live streaming kini menjadi salah satu cara paling efektif buat menarik minat pembeli secara langsung.
Hal ini memungkinkan seller untuk berinteraksi, memberikan penjelasan, serta menawarkan promo spesial kepada banyak audiens sekaligus.
Mungkin Sobat MEA sering liat di TikTok sekarang sudah banyak yang melakukan live streaming jualan.
Menariknya, jumlah views atau penontonnya, ternyata bisa sampai ratusan atau ribuan!
Tidak heran kalau banyak seller yang sekarang mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar berkat platform ini. Apalagi dengan bantuan jasa host live TikTok yang membantu penjual menggaet lebih banyak penonton dengan cara live-nya yang unik dan menghibur.
Salah satu alasan utama mengapa live streaming efektif adalah kemampuannya dalam menciptakan interaksi yang real-time antara seller dan konsumen secara online. Banyak bisnis di berbagai bidang, baik kecil maupun besar, kini memanfaatkan jasa live TikTok Shop untuk mendongkrak penjualan mereka.
Platform e-commerce atau katalog online di Instagram memang mampu menampilkan produk jualan beserta detail-detail lengkapnya. Beragam fitur seperti comment, like, dan share juga mampu membangun interaksi antara brand dan penjual. Akan tetapi, hal ini belum cukup.
Ketika seseorang menonton live streaming, ia mendapatkan banyak hal yang tidak bisa didapat kalau cuma dari postingan media sosial. Pada live streaming, ada presentasi produk, interaksi langsung, dan kesempatan untuk bertanya serta mendapatkan jawabannya segera.
Dengan begitu, mereka mendapatkan pengalaman yang hampir mirip seperti berbelanja di toko offline.
Selain itu, ada juga beberapa alasan kuat mengapa live streaming sangat ideal untuk penjualan di zaman sekarang. Antara lain:
Di tengah-tengah menjamurnya pebisnis online, saat ini orang-orang sudah mulai selektif ketika memilih suatu produk yang akan dibeli, begitu juga dengan memilih toko yang terpercaya. Hal ini menjadi tantangan bagi kita agar bisa membuktikan bahwa produk dan toko kita bisa dipercaya.
Salah satu solusi dari hal ini adalah dengan menunjukkan kalau kita itu “ada”. Tokonya ada, penjualnya ada, dan produknya ada, bukan bodong. Caranya dengan melakukan live streaming.
Berbeda dengan hanya melihat produk di katalog, calon pembeli bisa melihat langsung bagaimana produk tersebut ditampilkan, cara penggunaannya, bahkan testimoni langsung dari host live. Hal ini meningkatkan kepercayaan dan mendorong calon pembeli untuk segera melakukan transaksi.
Live streaming merupakan salah satu strategi efektif untuk meningkatkan minat belanja calon customer. Dengan format yang interaktif dan menarik, banyak seller memanfaatkan momen ini untuk menawarkan diskon khusus atau hadiah eksklusif bagi penonton yang melakukan pembelian selama sesi berlangsung.
Penawaran semacam ini tidak hanya memberikan keuntungan lebih bagi pembeli, tetapi juga menciptakan pengalaman belanja yang seru dan memikat.
Lebih dari itu, diskon dan hadiah yang terbatas selama live streaming menciptakan rasa urgensi di kalangan penonton. Mereka merasa terdorong untuk segera bertransaksi sebelum kesempatan berakhir, sehingga mempercepat pengambilan keputusan.
Strategi tersebut efektif dalam mendorong penjualan secara instan, sekaligus meningkatkan loyalitas customer yang merasa diuntungkan dengan penawaran spesial tersebut.
Interaksi langsung antara host dan penonton menjadi salah satu daya tarik utama dalam live streaming, karena memberikan kesan yang lebih personal.
Saat penonton mengajukan pertanyaan di kolom chat, dan host atau penjual merespons secara langsung, ini menciptakan pengalaman yang lebih akrab dan membangun koneksi emosional.
Penonton merasa dihargai karena pertanyaan atau komentar mereka diperhatikan, yang membuat suasana live streaming terasa lebih hangat dan inklusif.
Pengalaman personal semacam ini memiliki dampak besar terhadap loyalitas pelanggan. Ketika penonton merasa diperhatikan dan dihargai, mereka cenderung memiliki kesan positif terhadap brand atau seller.
Bahkan, pengalaman interaksi yang menyenangkan ini dapat memotivasi mereka untuk berbelanja, tidak hanya sekali, tetapi berkali-kali. Dengan begitu, live streaming tidak hanya menjadi sarana promosi, tetapi juga alat efektif untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
TikTok, khususnya, dikenal dengan algoritma yang dapat membuat konten viral dengan cepat. Konten live streaming yang menarik akan dengan mudah tersebar, menjangkau lebih banyak orang, dan memberi peluang penjualan yang lebih tinggi.
MinMEA sendiri sempat lihat contoh akun yang udah mengalami ini, namanya brand Kafani yang menjual kain kafan lewat live streaming TikTok.
Konten live mereka bisa viral, menjadi perbincangan netizen, hingga menyebar ke platform lain seperti Instagram bahkan X. Hal ini karena mereka menerapkan strategi dan penyampaian yang unik ketika live streaming.
Sebagai metode penjualan yang terbilang cukup baru di Indonesia, live streaming sebenarnya sudah marak dilakukan di luar negeri, terutama di Cina. Negara tersebut sudah dari lama memanfaatkan platform-platform live streaming seperti TikTok sebagai salah satu cara paling efektif untuk menjual produk kepada calon customer atau orang-orang baru.
Sebagai contoh, selama pandemi COVID-19 perusahaan-perusahaan e-commerce di Cina mulai menggencarkan live streaming untuk mengatasi tantangan berjualan ketika diterapkannya social distancing.
Mereka menggandeng influencer dan host profesional untuk menarik penonton, dan hasilnya sungguh luar biasa. Dalam sehari, seorang influencer terkenal di Cina bisa mencapai penjualan senilai miliaran rupiah hanya dari satu sesi live streaming.
Menurut data dari iResearch, penjualan e-commerce melalui live streaming di Cina diperkirakan mencapai lebih dari USD 60 miliar pada 2020, meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.
Fenomena di atas menunjukkan betapa kuatnya live streaming dalam mendorong penjualan, dan menjadi inspirasi bagi bisnis di negara lain, termasuk Indonesia, untuk mencoba metode yang sama.
Menurut Sobat MEA, melakukan live streaming itu mudah atau susah?
Memang, live streaming terlihat seperti jalan pintas yang mudah untuk membawa banyak menguntungkan.
Namun, menjalankan live streaming yang efektif itu bukan tanpa kendala. Beberapa bisnis juga ada yang mengalami kesulitan dalam mengoptimalkan live streaming mereka, terutama karena berbagai faktor teknis dan keterampilan yang dibutuhkan.
Lalu, apa aja sih tantangan yang biasa dihadapi pebisnis terutama pebisnis pemula ketika ingin melakukan live streaming? Berikut adalah beberapa kendalanya:
Tidak semua orang memiliki keterampilan komunikasi dan teknik yang baik untuk bisa membawakan live streaming yang menarik bagi audiens. Tidak semua orang juga sudah memiliki “karisma” tersendiri sehingga dinilai cocok menjadi seorang host.
Tanpa keahlian-keahlian tersebut, sesi live streaming bisa terasa hambar dan kurang menarik, sehingga penonton cepat bosan, gak betah lama-lama nonton, dan pada akhirnya meninggalkan tayangan live.
Tayangan live streaming tidak cukup dilakukan secara asal-asalan, hanya dengan modal kamera HP, ruangan live, dan host. Penting untuk memastikan kualitas audio dan visual yang baik, dengan bantuan peralatan yang memadai.
Kalau kualitas live streaming dirasa tidak profesional atau sering mengalami masalah teknis, aktivitas live bisa terganggu. Jika hal ini terjadi, penonton cenderung kehilangan minat untuk lanjut menonton.
Banyak bisnis, terutama UMKM, tidak memiliki waktu dan tenaga untuk merencanakan serta mengeksekusi live streaming yang berkualitas secara rutin. Mereka mungkin tidak memiliki tim khusus yang bisa fokus menangani hal ini.
Seorang pebisnis juga memiliki beban tanggung jawab lain yang perlu dipikirkan selain melakukan promosi produk. Harus mikirin stok produk di gudang lah, analisis keuangan bulanan lah, menangani komplain customer lah, dan masih banyak lagi.
Mendapatkan jumlah penonton yang banyak adalah salah satu kunci sukses live streaming. Akan tetapi, enggak semua orang bisa mencapai hal ini. Entah itu karena akunnya masih terbilang baru, live-nya kurang menarik bagi audiens, atau faktor lainnya.
Hal ini akan semakin berat tanpa bantuan dari jasa view live TikTok yang bisa membantu meningkatkan exposure tayangan.
Untungnya, bagi Sobat MEA yang mengalami kendala dalam menjalankan live streaming secara mandiri, ada lho beberapa solusi yang bisa diambil untuk meningkatkan kualitas dan hasil live streaming yang memuaskan, yaitu:
Bekerjasama dengan host yang sudah berpengalaman dapat membuat sesi live streaming menjadi lebih menarik dan interaktif. Host profesional lebih tahu bagaimana cara menyajikan produk dengan yang menarik, menjawab pertanyaan penonton dengan gimik-gimik unik, dan membuat mereka merasa lebih terhubung dengan brand.
Dengan bantuan jasa view, live streaming bisa memperoleh jumlah penonton yang lebih besar. Hal ini bisa berpengaruh pada algoritma TikTok. Semakin banyak orang yang menonton, semakin besar kemungkinan konten live streaming kamu muncul di FYP. Dengan begitu, audiens-audiens baru akan datang dan meningkatkan peluang penjualan.
Memastikan kualitas audio dan video yang baik sangat penting ketika kamu mau melakukan live streaming. Coba bayangin kalau kamu menyaksikan live streaming dengan kualitas tampilan yang blur, kamu pastinya males dong nontonnya? Dan gak lama kemudian langsung scroll atas.
Maka dari itu, ketika ingin live, sebaiknya bisnis mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan jasa live streaming TikTok yang sudah memiliki peralatan profesional dan studio khusus. Sehingga, tidak terjadi gangguan-gangguan teknik yang tidak diinginkan.
Kalau kamu ingin solusi paling praktis untuk menjauhi kendala-kendala saat live streaming, tidak perlu repot-repot untuk membereskan masalahnya satu per satu. Cukup bekerjasama saja dengan pihak ketiga atau agensi yang berpengalaman.
Mereka biasanya sudah paham soal cara menghilangkan banyak kendala teknis dan logistik saat live. Mereka juga umumnya sudah memiliki tim ahli yang siap menangani semua aspek yang dibutuhkan saat live streaming, mulai dari perencanaan konten hingga eksekusi acara.
Salah satu pilihan terbaik untuk mendukung live streaming e-commerce adalah MEA Digital Marketing. Sebagai salah satu agency e-commerce terbesar di Indonesia, MEA menawarkan berbagai layanan jasa live TikTok yang didukung dengan beragam keunggulan.
Ini dia beberapa alasan mengapa MEA Digital Marketing bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang mengalami kendala saat live streaming TikTok:
Hingga saat ini, MEA sudah beroperasi di bidang e-commerce selama lebih dari lima tahun. Hal ini membuat MEA lebih dapat memahami tren dan kebutuhan pasar yang terus berkembang. Pengalaman ini juga membuat MEA mampu memberikan solusi yang tepat dan efektif bagi bisnis dari berbagai sektor dalam urusan promosi jualan.
Dengan lebih dari 125 anggota tim profesional, MEA mampu menangani banyak klien sekaligus tanpa mengurangi kualitas layanan. MEA juga memiliki spesialisasi dalam menyediakan jasa host live TikTok yang berpengalaman dan tahu cara menghidupkan suasana selama live streaming.
MEA memiliki rekam jejak yang sudah terbukti dalam membantu ribuan UMKM mencapai kesuksesan di dunia digital. MEA memahami kebutuhan khusus UMKM, sehingga dapat memberikan strategi live streaming yang cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah.
MEA menyediakan studio lengkap dengan peralatan audio dan visual berkualitas tinggi untuk mendukung live streaming profesional. Hal ini memastikan agar setiap sesi live streaming berjalan lancar dengan kualitas gambar dan suara yang optimal.
MEA juga merupakan partner resmi dari platform besar seperti Shopee dan TikTok lho. Jadi, sudah bisa dijamin kualitas layanan serta kredibilitasnya, bahwa MEA diakui oleh platform e-commerce terkemuka.
Live streaming bukan hanya sekedar tren, tetapi merupakan solusi masa depan bagi bisnis yang ingin terus berkembang. Menggunakan jasa live streaming TikTok yang profesional dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan mereka dan menjangkau lebih banyak pelanggan secara efektif.
Bagi Sobat MEA yang ingin menciptakan hasil penjualan yang gila-gilaan melalui live streaming, MEA Digital Marketing siap menjadi pilihan yang tepat. Dengan pengalaman luas, tim yang profesional, serta peralatan yang lengkap, MEA akan membantu bisnis kamu mencapai kesuksesan yang luar biasa di dunia digital.