SEO Shopee tool dibutuhkan bagi para penjual di Shopee untuk mendapatkan kata kunci yang relevan untuk produknya. Berikut beberapa tool SEO yang bisa Anda akses secara gratis!
Untuk memaksimalkan penjualan di Shopee ada banyak cara yang dapat SmartSeller tempuh.
Misalnya, dengan memanfaatkan setiap fitur di dalam Shopee sampai memaksimalkan foto produk yang menarik.
Selain memanfaatkan fitur Shopee, terdapat metode lain yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan kata kunci produk yang relevan.
Lalu, apa itu kata kunci atau keyword?
Kata kunci identik dengan istilah yang digunakan orang ketika melakukan pencarian di mesin pencari Google.
Kata kunci adalah “kata-kata” atau “kalimat” yang digunakan di kolom pencarian untuk mencari sesuatu.
Misalnya, bila Anda ingin belajar Shopee di Google, kata kunci yang ditulis biasanya adalah “tips belajar di Shopee”.
Kata kunci tersebut kemudian akan memberikan hasil yang sesuai permintaan pengguna.
Maka dari itu, para pelaku bisnis saat ini kerap menjual produknya berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari.
Metode tersebut menjadi bagian dari teknik Search Engine Optimization atau SEO.
Nah, hal serupa kini banyak dilakukan penjual di Shopee.
Mereka kerap mencari kata kunci yang banyak digunakan konsumen Shopee untuk memenangkan kompetisi pencarian.
Maka dari itu, SEO Shopee tool sangat dibutuhkan untuk membantu seller menemukan kata kunci yang relevan dengan produk yang sedang dijual.
Bagi yang sedang mencari SEO Shopee tool, coba simak artikel berikut.
Pasalnya, MEA Agency akan memberikan rekomendasi SEO Shopee tool yang dapat diakses secara gratis.
Simak sampai tuntas, ya.
Sebelum membahas lebih jauh, SmartSeller mesti tahu konsep SEO Shopee secara umum.
Poin ini akan membantu Anda dalam memahami fungsi kata kunci di Shopee dan hubungannya dengan penjualan sebuah produk.
Secara umum, SEO Shopee adalah serangkaian teknik optimasi yang diterapkan oleh penjual di platform Shopee untuk meningkatkan visibilitas produk mereka dalam hasil pencarian, baik di mesin pencari internal Shopee maupun di mesin pencari eksternal seperti Google.
Tujuan utama dari SEO Shopee supaya mempermudah calon pembeli menemukan produk yang dijual, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke toko dan potensi penjualan.
Salah satu upaya untuk menerapkan teknik ini adalah melakukan riset kata kunci yang mendalam.
Dengan menemukan kata kunci yang tepat, produk Anda memiliki kesempatan besar untuk dilihat orang yang sedang mencarinya.
Konsep riset kata kunci sudah dijelaskan pada awal artikel ini.
Namun supaya lebih tergambar, berikut kami jelaskan apa itu riset kata kunci.
Riset Kata Kunci adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis kata atau frasa yang sering digunakan oleh orang-orang ketika mereka mencari produk, layanan, atau informasi tertentu di mesin pencari atau platform e-commerce.
Riset ini bertujuan untuk menemukan kata kunci yang paling relevan, memiliki volume pencarian tinggi, dan persaingan yang rendah, sehingga dapat digunakan untuk mengoptimalkan konten atau strategi pemasaran.
Khusus untuk di Shopee, terdapat beberapa metode yang bisa Anda aplikasikan supaya menemukan kata kunci yang potensial.
Lalu, seperti apa riset kata kunci di Shopee?
Hal utama dalam riset kata kunci di Shopee adalah mencarinya lewat tools tertentu.
Namun selain itu, ada cara lain yang dapat SmartSeller coba dalam menemukan kata kunci yang bagus.
Satu di antaranya adalah dengan melihat kata kunci yang digunakan oleh kompetitor.
Anda bisa mengamati kata atau frasa yang digunakan kompetitor.
Setelah menemukannya, Anda dapat mengaplikasikan pada produk sendiri.
Pastikan kata kunci yang digunakan dari kompetitor tidak boleh ditiru 100 persen.
Untuk rekomendasi SEO Shopee tool, detailnya dapat Anda lihat di bawah ini:
Shopee Related Search adalah fitur pencarian terkait yang ditampilkan oleh Shopee saat Anda mengetikkan sebuah kata kunci di kolom pencarian.
Fitur ini memberikan ide kata kunci tambahan yang relevan dengan kata kunci utama Anda, sehingga membantu memahami istilah yang sering digunakan oleh pengguna Shopee.
Berikut cara penggunaannya:
Anda bisa menggunakan kata kunci berdasarkan daftar saran pencarian dari Shopee.
Banyak orang yang menggunakan Google Keyword Planner dalam mencari kata kunci, termasuk untuk kebutuhan di Shopee.
Alasannya karena pada saat ini, banyak konsumen yang melakukan pencarian produk melalui Google sebelum mereka beralih ke Shopee atau marketplace.
Untuk cara-caranya, Anda dapat melihat panduannya di bawah ini:
Ahrefs merupakan tools SEO yang terkenal karena memiliki fitur lengkap, termasuk untuk mencari kata kunci.
Namun, Anda harus berlangganan untuk menggunakan tools ini.
Meski begitu, Ahrefs menyediakan fitur gratis untuk pencarian kata kunci.
Caranya sebagai berikut:
Berikutnya, Anda bisa mengakses Shopee Seller Center dengan pura-pura membuat iklan.
Cara ini pun efektif untuk menemukan kata kunci yang relevan.
Berikut langkah pencariannya:
Setelah menemukan kata kunci, seperti apa pengaplikasiannya?
Penggunaannya mudah, Anda bisa memakai kata kunci yang sudah ditemukan di judul produk, deskripsi produk, dan di gambar produk.
Usahakan penggunaan kata kunci terlihat natural atau tidak tampak seperti dipaksakan.
Contoh di judul, kata kunci sepatu wanita casual bisa dipadukan dengan kata lainnya, seperti: Sepatu Wanita Casual Murah – Model Kekinian Ukuran 38-41.
Demikian juga di deskripsi, sematkan kata kunci secara natural dan hindari penggunaan secara berulang-ulang.
Bagaimana, apakah pembahasan di atas membantu SmartSeller dalam menemukan kata kunci yang tepat?
Bila tak ingin pusing dalam mengurusi hal teknis tersebut, Anda bisa menggunakan jasa MEA Agency.
Sebagai salah satu agency ternama dan telah menangani banyak klien, MEA Agency bakal membantu Anda dalam meningkatkan penjualan.
MEA Agency pun cocok untuk pelaku UMKM yang berjualan di Shopee.
Jenis jasa yang bakal Anda dapatkan seperti jasa buka toko online, jasa riset iklan, jasa traffic, live streaming, hingga conversion.
Jadi, segera hubungi MEA Agency supaya bisnis Anda makin berkembang di Shopee!
SEO Shopee adalah serangkaian teknik optimasi yang bertujuan meningkatkan visibilitas produk dalam pencarian di Shopee maupun di mesin pencari seperti Google.
Salah satu komponen utama dari SEO Shopee adalah riset kata kunci, yang membantu penjual menemukan istilah pencarian yang relevan dan populer untuk produk mereka.
Untuk memaksimalkan strategi SEO Shopee, penjual dapat menggunakan berbagai SEO Shopee tool yang gratis.
Dengan memanfaatkan tools SEO, menerapkan kata kunci yang relevan, dan menggunakan dukungan profesional, penjual dapat meningkatkan visibilitas produk, menarik lebih banyak pembeli, dan mendorong pertumbuhan penjualan di Shopee.
***Foto: freepik.com