Cara agar live jualan di TikTok rame memerlukan banyak strategi. Namun, tak semua kreator, termasuk seller mengetahui metode live yang baik.
Banyak di antara seller yang kerap bingung; kenapa sesi live yang mereka bawakan sepi penonton.
Padahal, live TikTok idealnya dapat menjadi ujung tombak penjualan.
Akibatnya, toko mereka di TikTok tak banyak konsumen.
Berangkat dari hal tersebut, artikel ini akan mencoba memberikan tips atau cara agar live jualan di TikTok rame.
Tips-tips di bawah dapat SmartSeller langsung aplikasikan. Simak sampai selesai, ya!
Baca Juga: 50+ Contoh Judul Live TikTok yang Menarik untuk Jualan, Disertai Tipsnya!
Sebelum mengetahui cara agar live jualan di TikTok rame, ada baiknya Anda mengetahui apa itu live TikTok.
Sederhananya, live TikTok adalah fitur di platform media sosial TikTok yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung secara real-time.
Melalui fitur ini, kreator dapat berinteraksi langsung dengan audiens mereka, membangun koneksi lebih personal, serta menyampaikan informasi secara interaktif.
Selain untuk menjual, live TikTok dapat Anda gunakan untuk mendekatkan diri dengan audiens, menyiarkan acara tertentu, sampai monetisasi; di mana pengguna yang sedang live dapat menerima gift virtual dari penonton, yang nantinya bisa ditukar menjadi uang
Kunci utama agar live jualan SmartSeller sukses adalah konsistensi.
Cobalah untuk live setiap hari agar audiens mengenali dan terbiasa dengan kehadiran Anda.
Dengan live yang konsisten, algoritma TikTok juga akan lebih sering merekomendasikan konten Anda ke pengguna lain.
Pastikan untuk memberikan pengalaman yang menarik agar penonton setia kembali ke sesi live Anda berikutnya.
Durasi live streaming juga memengaruhi keberhasilan sesi live Anda.
Sebaiknya, lakukan live selama minimal 2 jam setiap harinya.
Durasi ini memberikan cukup waktu bagi audiens untuk menemukan sesi live Anda di TikTok.
Selain itu, semakin lama durasi live Anda, makin besar peluang konten tersebut direkomendasikan oleh TikTok ke lebih banyak pengguna.
Tidak semua waktu cocok untuk melakukan live.
SmartSeller perlu mencari tahu kapan target audiens Anda paling aktif di TikTok.
Biasanya, jam terbaik untuk live di TikTok adalah pada malam hari setelah jam kerja, seperti pukul 19.00 hingga 22.00.
Namun, hal ini dapat bervariasi tergantung pada jenis produk dan target pasar Anda. Gunakan data analitik TikTok untuk menentukan waktu yang paling tepat.
Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk live, SmartSeller harus melakukan sesi live setiap hari di jam yang sama.
Cara agar live jualan di TikTok rame berikutnya dengan membuat promosi sebelum sesi live dimulai.
Misalnya, dengan mengunggah video pendek yang memberitahukan kapan Anda akan live dan apa saja yang akan dibahas.
Tambahkan pula elemen menarik seperti pengumuman giveaway atau diskon khusus selama sesi live.
Cara ini efektif untuk menarik perhatian lebih banyak penonton.
Kolaborasi dengan influencer yang relevan dengan niche produk Anda adalah langkah strategis untuk meningkatkan jumlah penonton.
Pasalnya, influencer memiliki audiens yang loyal, dan promosi melalui mereka bisa mendatangkan lebih banyak penonton ke sesi live Anda.
Pilihlah influencer yang memiliki reputasi baik dan audiens yang sesuai dengan produk Anda untuk hasil maksimal.
Jika SmartSeller masih merasa kesulitan menarik penonton, gunakan jasa live streaming profesional.
Beberapa penyedia jasa live streaming TikTok menawarkan layanan seperti pengelolaan akun, strategi pemasaran, hingga penyiar profesional untuk membantu sesi live Anda.
Meskipun memerlukan investasi, layanan ini bisa membantu meningkatkan jumlah penonton secara signifikan.
Salah satu jasa live streaming TikTok yang berpengalaman adalah MEA Agency.
MEA Agency akan membantu dalam menyiapkan live secara optimal!
Cara agar live jualan di TikTok rame berikutnya layak dicoba, yaitu dengan menawarkan promo menarik.
Promo menjadi daya tarik utama dalam sesi live jualan.
Tawarkan diskon, voucher, atau bonus eksklusif yang hanya berlaku selama live berlangsung.
Contohnya, SmartSeller bisa memberikan potongan harga 20% untuk penonton yang langsung melakukan pembelian saat live.
Promo semacam ini akan memicu rasa urgensi pada audiens untuk segera bertransaksi.
Tampilan visual saat live juga sangat penting.
Buatlah pencahayaan ruangan cukup terang dan setup produk terlihat jelas.
Gunakan kamera yang berkualitas baik dan pastikan suara Anda terdengar jelas.
Bila audiensi merasa nyaman saat sesi live yang Anda lakukan, semakin besar kemungkinan mereka untuk bertahan lebih lama.
Kunci dari live di TikTok, apalagi untuk berjualan ialah host yang menarik.
Alasannya karena seorang host yang interaktif mampu menciptakan suasana yang menyenangkan selama live.
Selain menjual produk, host juga harus membaca komentar, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi detail tentang produk yang dijual.
Interaksi langsung seperti menyapa penonton dengan nama mereka atau meminta pendapat bisa meningkatkan kedekatan antara Anda dan audiens.
Agar penonton dapat langsung membeli produk Anda, sematkan link pembelian di layar selama sesi live. TikTok menyediakan fitur ini untuk memudahkan audiens melakukan transaksi tanpa harus meninggalkan sesi live.
Cek dulu link itu, pastikan berfungsi dengan baik dan mudah diakses agar tidak menghambat proses pembelian.
Baca Juga: Panduan SEO TikTok: Teknik Ampuh agar Konten Mudah Ditemukan
Bila cara-cara di atas tak berhasil ditonton banyak penonton, SmartSeller bisa menggunakan jasa live yang profesional.
Sudah disebutkan, bila MEA Agency menjadi penyedia jasa live TikTok yang layak dilirik.
Sebab, selain dapat mengoptimalkan sesi live, MEA Agency dapat melakukan optimasi dan performa toko secara menyeluruh.
MEA Agency pun sudah terbukti untuk meningkatkan awareness brand, meningkatkan omzet, dan membantu ribuan UMKM meraih kesuksesan memasarkan produknya di pasar digital.
Salah satu alasannya karena MEA Agency merupakan partner resmi dari TikTok, termasuk Shopee, Tokopedia, dan META.
Jadi, tertarik menggunakan jasa MEA Agency?
Agar sesi live jualan di TikTok ramai penonton dan menghasilkan konversi yang maksimal, diperlukan strategi yang tepat dan konsisten.
Mulai dari melakukan live setiap hari selama minimal dua jam, menentukan jam terbaik untuk live, hingga menawarkan promosi menarik, semua langkah tersebut dapat membantu menarik perhatian audiens.
Selain itu, promosi sebelum live, kolaborasi dengan influencer, dan penggunaan jasa profesional seperti MEA Agency dapat meningkatkan visibilitas dan kesuksesan sesi live.
Set up yang baik, host yang interaktif, dan penyematan link pembelian juga merupakan elemen penting untuk memastikan pengalaman audiens berjalan lancar dan nyaman.
Dengan memadukan semua langkah ini secara optimal, sesi live di TikTok tidak hanya akan ramai penonton, tetapi juga mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.
Bagi Anda yang membutuhkan dukungan lebih, menggunakan jasa live streaming profesional dapat menjadi solusi terbaik untuk mencapai kesuksesan dalam berjualan di TikTok.
***Foto: freepik.com