Book a Call

+62821 1793 2648

head office

Jl. Rajawali Barat No.77A, Kota Bandung,

40184

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan

Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat

 
 
 
BACA JUGA  Tingkatkan Engagement dengan Jasa Live TikTok Profesional

3 Cara Meningkatkan Rating Toko TikTok yang Sudah Terbukti Ampuh!

Cara Meningkatkan Rating Toko TikTok

Share

Bagi seller baru, cara meningkatkan rating toko TikTok jadi hal krusial. Sebab, rating TikTok bisa memengaruhi tingkat penjualan secara keseluruhan.

Ketika Anda memutuskan untuk berjualan di TikTok, ada banyak hal yang mesti diperhatikan supaya bisnis yang dijalani minimal tidak rugi.

Aspek itu mencakup harga, produk, hingga layanan kepada konsumen.

Khusus untuk layanan kepada konsumen, hal tersebut harus menjadi perhatian lebih.

Pasalnya, ketika bertransaksi di marketplace, konsumen akan memberikan rating atau ulasan secara terbuka yang dapat dilihat oleh semua orang.

Andai rating atau ulasan yang diberikan konsumen buruk, hal itu sangat mungkin memengaruhi keputusan orang lain untuk membeli produk Anda.

Misalnya, ada orang yang ingin membeli produk Anda.

Namun, si orang itu membaca salah satu ulasan negatif yang diberikan oleh konsumen sebelumnya.

Akibatnya, bisa saja si orang yang akan membeli tersebut mengurungkan niatnya untuk berbelanja karena ia takut kejadian “buruk” menimpa dirinya juga.

Ulasan negatif pun sejalan dengan rating.

Sebab, orang yang menulis ulasan negatif cenderung bakal memberikan rating yang jelek.

Maka dari itu, mengetahui cara meningkatkan rating toko TikTok perlu Anda ketahui.

Sebab, dengan tahu cara meningkatkan rating toko TikTok, citra toko Anda akan lebih baik, pada akhirnya bisa memengaruhi tingkat penjualan toko.

Berikut ulasan tentang cara meningkatkan rating toko TikTok dari ahlinya!

Table of Contents

Cara Meningkatkan Rating Toko TikTok

Kelola toko TikTok Anda bareng MEA Digital Agency dan tingkatkan rating sekaligus omzetnya

Hubungi MEA sekarang dan rasakan perbedaannya!

Menurut Brand Activation TikTok Shop MEA Digital Agency, Saiful Arifin, ada tiga aspek yang diperhatikan untuk meningkatkan rating di TikTok Shop.

BACA JUGA  3 Cara Mengubah Nama TikTok Shop dengan Mudah

“Di rating TikTok ada 3 penilaian, dari mulai produk, pesanan dan logistik, sama pelayanan pelanggan,” jelas Saiful.

Saiful kemudian, menjabarkan 3 cara meningkatkan rating toko TikTok atau panduan menghindari supaya rating toko tetap positif.

1. Ulasan Negatif

Dalam rating di TikTok, ulasan negatif jadi hal pertama yang harus diperhatikan.

Ulasan negatif ini bisa berupa pesan mengecewakan hingga pengembalian barang.

Saiful mempunyai solusi yang bisa dicoba oleh para seller.

Solusinya itu ialah dengan membuat thank you card yang dimasukkan ke dalam pesanan.

Thank you card ini isinya pesan, salah satunya untuk memberi tahu pelanggan kalau ada keluhan bisa langsung menuju WhatsApp bukan ke seller center-nya.

“Ketika memang nantinya ada beberapa tingkat kekecewaan dalam pesanan, nanti diprioritaskan ketika ada pesanan masuk atau ketika ada barang yang mengecewakan jadi tidak langsung masuk ke seller center, tapi bisa langsung masuknya ke WhatsApp,” jelas Saiful.

Maka dari itu, di dalam thank you card Anda harus menyematkan nomor WhatsApp.

“Nantinya jadi diprosesnya [komplain/keluhan] bisa by WhatsApp atau by manual,” tambahnya.

Selain nomor WhatsApp, Syiaful mengatakan di dalam thank you card, Anda bisa menulis ucapan terima kasih dan mengingkatkan supaya pelanggan memberikan bintang lima ke produk yang dibelinya.

2. Pesanan dan Logistik

Percayakan toko TikTok Anda pada MEA Digital Agency dan rasakan lonjakan performanya

MEA punya formula rahasia!

Cara meningkatkan rating toko TikTok selanjutnya adalah dengan memerhatikan pesanan atau logistik.

“Kalau logistik yang diprioritaskannya di kecepatan pengiriman,” terang Saiful.

Seperti apa bentuk prioritaskannya itu?

Saiful mengungkapkan, memprioritaskan pengiriman bisa dengan mempercepat pengiriman.

“Ini tentunya jangan lebih dari 24 jam [barang dikirim setelah dipesan pelanggan]. Jadi diprioritaskan orderannya tuh dari kemarin sampai jam 12 [siang], itu bener-bener diprioritasin,” tegas Saiful.

BACA JUGA  Cara Pasang Iklan di TikTok yang Efektif Tingkatkan Omzet Penjualan

Sementara untuk resi pengiriman dari pukul 13.00 atau 1 siang sampai selanjutnya, bisa dikirim besok hari sebelum jam 12.00 siang.

3. Respons terhadap Pelanggan

Kecepatan dalam respons pun tak kalah pentingnya.

Namun, tentu dengan keterbatasan sumber daya, tak semua toko bisa langsung merespons setiap ada chat yang masuk.

Sebagai solusi, Saiful mengatakan Anda dapat menggunakan robot atau chatbot.

“Nanti kan di rating toko ada chatbot, nah chatbot-nya nanti dihidupkan,” tutur Saiful.

Chatbot ini bertugas untuk menjawab setiap pertanyaan teknis atau template.

Meski tampak sederhana, respons terhadap pesan pelanggan dapat memengaruhi persentase toko dalam waktu yang cepat.

“Itu bisa meningkatkan persentase atau performa dalam waktu 24 jam,” tutup Saiful.

Ingin Toko TikTok Anda Dikelola Secara Profesional dan Omzet Meningkat Tajam? Percayakan kepada MEA Digital Agency!

Mengelola toko TikTok tidak hanya soal upload produk dan pasang promo.

Dibutuhkan strategi yang tepat, pelayanan konsumen yang rapi, dan eksekusi yang konsisten agar omzet bisa terus naik.

MEA Digital Agency hadir sebagai solusi terbaik untuk Anda yang ingin toko TikTok-nya dikelola secara profesional.

Dengan pengalaman mengelola ribuan UMKM di seluruh Indonesia, MEA memiliki tim ahli yang paham betul cara kerja ekosistem TikTok.

Bukan hanya berpengalaman, MEA juga merupakan partner resmi TikTok, sehingga kami tahu bagaimana cara mengoptimalkan performa toko Anda langsung dari sumbernya.

Bersama MEA, Anda tidak hanya dibantu, tapi didampingi untuk bertumbuh. Fokus pada pengembangan produk Anda, biarkan kami yang urus peningkatan omzet dan pengelolaan toko TikTok Anda secara maksimal.

Kesimpulan

Meningkatkan rating toko TikTok sangat penting, terutama bagi seller baru yang ingin menjaga citra toko dan mendongkrak penjualan.

BACA JUGA  Jasa Kelola Sosmed, Siap Bantu Bisnis Berkembang Pesat!

Tiga aspek utama yang harus diperhatikan untuk menjaga rating tetap tinggi adalah mengelola ulasan negatif, mempercepat proses pengiriman/logistik, dan merespons pelanggan dengan cepat.

Strategi sederhana seperti menyisipkan thank you card berisi kontak WhatsApp, memastikan pengiriman dalam waktu maksimal 24 jam, serta mengaktifkan chatbot untuk membalas pesan bisa berdampak besar terhadap performa toko.

Bagi Anda yang ingin toko TikTok dikelola secara profesional, MEA Digital Agency siap menjadi partner terbaik.

Sebagai agensi resmi TikTok dengan pengalaman luas dalam menangani ribuan UMKM, MEA memiliki tim ahli dan strategi jitu untuk membantu toko Anda tumbuh dan meraih omzet optimal.

***Foto: freepik.com