4 Cara Iklan di Shopee agar Tidak Boncos, Mudah Dilakukan!

cara iklan di shopee agar tidak boncos

Bagi pemilik toko di Shopee, mengetahui cara iklan di Shopee agar tidak boncos jadi hal penting.

Sebab, istilah boncos identik dengan kerugian. Di mana penjual melakukan iklan yang tak menghasilkan banyak penjualan.

Berangkat dari permasalah tersebut, artikel berikut akan mencoba memberi tahu cara iklan di Shopee agar tidak boncos. Catat baik-baik, ya!

Baca Juga: 5 Cara Banjir Orderan di Shopee untuk Pemula, Langsung dari Ahlinya!

Table of Contents

Manfaat Iklan di Shopee

Iklan Antibocos dengan MEA Digital Agency

Strateginya tepat, omzenya bisa melesat!

Sebelum membahas lebih dalam soal cara iklan di Shopee agar tidak boncos, ada baiknya Anda tahu manfaat fitur ini.

1. Meningkatkan Visibilitas Produk

Iklan di Shopee memberikan peluang bagi produk Anda untuk muncul di lokasi-lokasi strategis seperti bagian atas hasil pencarian, halaman rekomendasi, atau kategori tertentu.

Dalam ekosistem marketplace yang kompetitif, ini menjadi sangat penting agar produk Anda tidak tenggelam di antara ribuan produk serupa, sehingga membuka peluang lebih besar untuk transaksi.

2. Menjangkau Target Audiens yang Tepat

Shopee Ads memungkinkan penjual menargetkan pembeli berdasarkan kata kunci pencarian atau perilaku belanja.

Hal tersebut memastikan bahwa iklan Anda hanya dilihat oleh pembeli yang benar-benar relevan dengan produk yang ditawarkan.

Dengan pendekatan ini, iklan tidak hanya menjangkau audiens secara luas, tetapi juga memastikan efektivitas pengeluaran iklan karena Anda memfokuskan anggaran pada orang-orang yang berpotensi melakukan pembelian.

3. Meningkatkan Konversi Penjualan

Ketika produk Anda tampil lebih sering di lokasi strategis, perhatian pembeli akan lebih mudah tertuju pada produk tersebut dibandingkan dengan kompetitor.

Kombinasi antara visibilitas yang baik dan relevansi iklan dengan kebutuhan pembeli meningkatkan peluang terjadinya transaksi.

4. Mempercepat Penjualan untuk Produk Baru

Produk baru biasanya membutuhkan waktu untuk dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari pembeli, terutama karena belum memiliki ulasan atau penilaian.

Dengan iklan, produk baru dapat langsung diperkenalkan ke pasar dan ditampilkan kepada calon pembeli.

5. Menambah Kepercayaan Pembeli

Produk yang sering muncul di bagian atas hasil pencarian atau halaman rekomendasi cenderung terlihat lebih terpercaya.

Pembeli biasanya mengasosiasikan produk yang sering terlihat dengan kualitas atau popularitas.

Alhasil, iklan juga dapat membangun citra positif produk Anda di mata pembeli, meningkatkan kemungkinan mereka memilih produk Anda dibandingkan produk lain.

Baca Juga: 3 Cara Menentukan Harga Jual di Shopee dengan Benar. Seller Wajib Tahu!

6. Laporan dan Analisis Kinerja

Shopee menyediakan fitur analitik yang mendetail untuk iklan. Data seperti jumlah klik, tayangan, dan tingkat konversi dapat diakses untuk mengevaluasi efektivitas kampanye iklan.

Jika berhasil memanfaatkan laporan ini, penjual dapat memahami perilaku pembeli, memperbaiki strategi, dan mengalokasikan anggaran dengan lebih bijak demi hasil yang lebih optimal.

7. Fleksibilitas Anggaran

Shopee Ads memberikan fleksibilitas kepada penjual dalam mengatur anggaran sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan bisnis.

Penjual dapat memulai dengan anggaran kecil dan meningkatkannya secara bertahap berdasarkan performa iklan.

Dengan kontrol penuh atas pengeluaran, iklan Shopee dapat diakses oleh penjual skala kecil hingga besar, menjadikannya alat promosi yang inklusif.

Cara Iklan di Shopee agar Tidak Boncos

MEA Digital Agency Siap Bantu Performa Toko Online Anda

Ingin juga?

Mari kita lanjut ke pembahasan utama, perihal cara iklan di Shopee agar tidak boncos.

Tips yang akan diberikan berikut, langsung disampaikan oleh Shopee Mentor Specialist dari MEA Digital Agency, Siti Rohmah.

Bagi Siti, sebenarnya tidak ada istilah boncos pada sebuah iklan. Sebab, pada hakikatnya iklan tujuannya adalah untuk menampilkan produk kita ke khalayak.

“Sebetulnya istilah boncos di dalam iklan itu tidak ada karena goals-nya iklan itu menampilkan produk kita audiens,” ujar Siti.

Menurutnya, setelah iklan tayang; apakah orang mau membeli atau tidak, itu tergantung dari penawaran yang diberikan.

“Nah terkait orang mau ngeklik mau memasukan produk kita ke keranjang belanja atau mau check out itu kembali lagi kepada si penawaran yg diberikan oleh seller,” tambah Siti.

Berdasarkan hal tersebut, penawaran di dalam iklan jadi hal penting. Selain itu, kualitas toko akan memengaruhi keputusan setiap orang.

Siti pun memberikan beberapa strategi supaya iklan yang seller pasang efektif. Berikut rinciannya:

1. Produk Siap Iklan

Strategi pertama menurut Siti produknya harus siap iklan.

“Pastikan tokonya teroptimasi, penawarannya sudah lengkap, dekorasi tokonya sudah cantik, dan deskripsinya sudah informatif. Kenapa produknya harus siap iklan? Karena ketika iklan kita tayang harus bisa memengaruhi orang yang melihat gambar produk kita,” urai Siti.

2. Memastikan Konten Iklannya Bagus

Berikutnya, memastikan konten iklan, baik itu gambar atau video harus bagus dan berkualitas.

Pasalnya, dari sudut pandang Siti, gambar atau konten iklan bisa berdampak besar pada keputusan calon pembeli.

“Makanya gambar produk itu penting banget, sehingga bisa memengaruhi orang untuk mau ngeklik produk kita, setelah itu kepo kepada produk kita, dan mau melakukan action; antara memasukan produk ke keranjang belanja atau langsung ke pembayaran,” jelas Siti.

3. Lihat Momentum

Cara berikutnya adalah melihat momentum sebelum meluncurkan iklan.

Maka dari itu, sebagai penjual kita harus tahu momen yang tepat atau tidak dalam membuat kampanye produk.

4. Coba, Analisis, dan Evaluasi

Terakhir, Siti Rohmah menjelaskan, agar iklan efektif Anda harus menjalankannya dulu.

Tujuannya supaya kita tahu iklan mana yang cocok untuk sebuah toko.

“Lalu di cek kembali juga dan diriset dulu. Kita jalanin semua iklan, iklan pencarian, iklan rekomendasi, iklan toko, iklan live. Sambil kita evaluasi, iklan mana nih yang paling perform di toko kita,” tutup Siti.

Optimalkan Toko Online Anda dengan MEA Digital Agency

Jika Anda ingin toko online Anda lebih perform dan iklan yang dijalankan efektif, MEA Digital Agency siap menjadi mitra terbaik Anda.

Sebagai digital agency yang terpercaya, MEA telah membantu ribuan UMKM berhasil menaklukkan pasar digital dengan omzet yang melesat tinggi.

Dengan pengalaman luas dan pendekatan yang terbukti efektif, MEA Digital Agency hadir untuk memberikan solusi pemasaran digital terbaik bagi bisnis Anda.

Keberhasilan ribuan UMKM yang kami tangani menjadi bukti nyata bahwa MEA Digital Agency mampu meningkatkan performa toko online Anda.

Tidak hanya membantu Anda menonjol di pasar digital yang kompetitif, MEA juga memastikan strategi yang dirancang menghasilkan dampak nyata, seperti peningkatan visibilitas, konversi penjualan yang lebih tinggi, dan efisiensi anggaran iklan.

Sebagai partner resmi platform marketplace besar, seperti Shopee, MEA memiliki akses eksklusif ke berbagai strategi dan tools yang dirancang untuk mengoptimalkan toko online.

Kepercayaan dari platform sebesar Shopee menjadi validasi tambahan atas kualitas layanan yang sudah teruji. Anda dapat memanfaatkan keahlian MEA untuk memaksimalkan kampanye iklan, meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan audiens toko Anda.

Kesimpulan

Iklan di Shopee, jika dijalankan dengan strategi yang tepat, tidak akan menyebabkan kerugian atau istilah “boncos”. Tujuan utama iklan adalah meningkatkan visibilitas produk di hadapan audiens.

Namun, untuk mencapai efektivitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penjual.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memastikan toko Anda lebih perform dan iklan berjalan dengan efektif, MEA Digital Agency adalah mitra terbaik.

Sebagai digital agency terpercaya dan partner resmi Shopee, MEA memiliki pengalaman dan keahlian untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda di pasar digital.

Dengan strategi yang teruji dan dukungan dari tim profesional, Anda bisa meraih hasil maksimal dari kampanye iklan Anda.

Baca Juga: Penyebab Traffic Shopee Turun, Lengkap dengan Solusinya!

***Foto: freepik.com