Bagi pemula, cara setting iklan di Instagram tentu tidaklah mudah. Namun, bukan berarti sangat sulit. Jika mencobanya beberapa kali, Anda mungkin akan terbiasa.
Salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan di media sosial ialah dengan menggunakan fitur ads, termasuk di kalan Instagram.
Dengan Ads, Anda dapat menjangkau calon konsumen yang potensial dalam jumlah yang besar. Bukan tak mungkin, penjualan pun dapat meningkat dengan cara ini.
Akan tetapi, seperti yang sudah disebutkan, cara setting iklan di Instagramnya tidaklah mudah.
Anda harus melakukan setting dengan benar agar hasil yang didapat pun maksimal.
Berangkat dari hal tersebut, ulasan ini akan mencoba memberikan tips atau panduan tentang cara setting iklan di Instagram.
Cara setting iklan di Instagram berikut cocok bagi pemula. Mari kita ulas bersama.
Baca Juga: Jasa Kelola Sosmed, Siap Bantu Bisnis Berkembang Pesat!
Sebelum membahas lebih dalam, Anda perlu tahu arti atau apa itu iklan di Instagram.
Secara sederhana, iklan Instagram adalah fitur dari meta yang memungkinkan Anda melakukan promosi berbayar yang ditampilkan di platform Instagram.
Iklan ini dirancang untuk menjangkau pengguna Instagram secara lebih efektif dengan menampilkan konten yang relevan berdasarkan minat, perilaku, dan demografi mereka.
Berdasarkan pengertiannya, iklan di Instagram memerlukan bujet khusus. Namun berbayar, hasil yang dihasilkan sangat sepadan.
Tujuan iklan di Instagram bagi pemilik produk tentu agar mereka mendapatkan banyak transaksi.
Walau begitu, iklan di Instagram dapat di setting sedemikian rupa untuk tujuan tertentu, misalnya:
Memperkenalkan merek atau produk kepada audiens baru.
Mengarahkan pengguna ke website untuk informasi lebih lanjut atau pembelian.
Meningkatkan interaksi melalui like, komentar, dan share.
Mengumpulkan informasi calon pelanggan melalui formulir atau klik.
Mengarahkan audiens untuk mengambil tindakan spesifik seperti mendaftar atau membeli.
Mengarahkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi seluler.
Mendorong transaksi langsung melalui fitur Instagram Shopping atau halaman produk.
Sekali lagi, jika pemilik bisnis mampu memanfaatkan fitur ini dengan baik, akan ada banyak manfaat yang didapatkan.
Baca Juga: 8 Cara Menaikkan Traffic Shopee yang Efektif, Mampu Tingkatkan Penjualan!
Berikutnya, setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari iklan Instagram, mari kita bahas cara setting iklan di Instagram, langkah per langkah.
Catat baik-baik, ya.
Instagram Ads dikelola melalui Facebook Business Manager (sekarang dikenal sebagai Meta Ads Manager).
Langkah-langkah:
Setelah masuk ke Ads Manager, langkah berikutnya adalah menentukan tujuan iklan.
Langkah-langkah:
Target audiens menentukan siapa yang akan melihat iklan Anda.
Langkah-langkah:
Sekarang saatnya menyiapkan materi iklan.
Langkah-langkah:
Mengatur anggaran akan membantu Anda mengontrol biaya iklan.
Langkah-langkah:
Cara-cara di atas memang cukup membingungkan, maka dari itu Anda harus melakukan praktiknya dan melakukannya secara berulang.
Selamat mencoba!
Tak hanya melakukan setting, untuk memaksimalkan iklan ada beberapa strategi yang bisa diterapkan, seperti:
Pastikan Anda memiliki tujuan yang spesifik sebelum membuat iklan, seperti:
Instagram adalah platform visual, jadi gunakan gambar atau video dengan resolusi tinggi.
Maka itu, buatlah konten yang mempunyai desain dan warna konsisten dengan identitas merek Anda.
Usahakan juga Anda membuat konten yang mencolok dan kreatif agar menonjol di antara konten lainnya.
Tulis teks iklan yang singkat, jelas, dan memikat. Soroti manfaat utama produk atau layanan Anda. Lalu, gunakan Call-to-Action (CTA) yang kuat seperti:
Manfaatkan fitur targeting Instagram untuk menjangkau audiens yang relevan:
Pilih format iklan yang sesuai dengan tujuan:
Mulai dengan anggaran kecil untuk menguji performa iklan. Kemudian, tingkatkan anggaran secara bertahap pada kampanye yang berhasil.
Untuk melihat hasil, jangan lupa untuk terus memantau Return on Ad Spend (ROAS) untuk mengukur efisiensi biaya.
Gunakan fitur analitik di Facebook Ads Manager untuk memantau performa.
Analisis metrik seperti:
Jika toko online Anda ingin dikelola dengan baik dan iklan Anda dioptimalkan untuk hasil maksimal, mari kerja sama dengan MEA Agency.
MEA Agency memiliki banyak pengalaman dalam mengelola toko online dan telah terbukti membantu klien meningkatkan omzet secara signifikan.
Tidak hanya itu, MEA Agency adalah agency terpercaya yang telah menjadi partner resmi dari:
Dengan tim yang dikelola oleh para digital marketer profesional, MEA Agency siap membantu bisnis Anda tumbuh lebih cepat dan lebih efisien!
Mengatur iklan di Instagram merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan audiens, dan memperkuat kesadaran merek.
Meskipun bagi pemula proses ini mungkin terasa menantang, dengan memahami langkah-langkah yang sistematis, Anda akan bisa menguasainya jika terus mencobanya.
Namun, bagi bisnis yang menginginkan pengelolaan yang lebih terfokus dan profesional, MEA Agency hadir sebagai solusi yang terpercaya. Dengan pengalaman luas dalam mengelola toko online dan menjadi partner resmi dari Shopee, Tokopedia, TikTok, dan META, MEA Agency menawarkan pendekatan strategis yang terencana dan dijalankan oleh tim digital marketer profesional.
Melalui kolaborasi dengan MEA Agency, bisnis dapat mempercepat pertumbuhan mereka di pasar digital, memaksimalkan potensi iklan, dan memastikan bahwa setiap kampanye yang dijalankan memberikan dampak positif yang nyata.
Baca Juga: Catat, Inilah 8 Cara Menaikkan Traffic TikTok yang Efektif!
***Foto: freepik.com