Seller lama atau baru, wajib tahu cara setting iklan Shopee yang benar. Sebab, fitur ini bisa meningkatkan penjualan lebih cepat. Catat baik-baik, ya!
Kenapa ads atau iklan bisa membuat penjualan Anda meningkat cepat?
Pasalnya, fitur ads di Shopee bermanfaat karena membantu produk lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli dengan meningkatkan visibilitas di hasil pencarian, halaman rekomendasi, atau kategori tertentu.
Hal ini memperbesar peluang penjualan, terutama di tengah persaingan yang ketat. Dengan sistem yang fleksibel berbasis biaya per klik (CPC), Anda dapat mengatur anggaran sesuai kemampuan, menjangkau audiens yang tepat, dan memantau hasilnya melalui data analitik.
Selain itu, ads juga mendukung peluncuran produk baru dan dapat meningkatkan performa organik produk di Shopee jika sering dibeli atau di-klik melalui iklan.
Berangkat dari hal tersebut, SmartSeller sebaiknya mengetahui cara setting iklan Shopee.
Untuk ulasannya, silakan simak ulasan berikut!
Baca Juga: Cara Menaikan Produk di Shopee Gratis yang Bisa Tingkatkan Penjualan
Shopee Mentor Specialist dari MEA Agency, Siti Rohmah, membagikan panduan ata cara setting iklan di Shopee yang benar.
“Caranya [setting iklan di Shopee] teman-teman [seller] bisa masuk ke halaman Shopee seller center, iklan Shopee, buat iklan baru, lalu tentukan nih iklan mana yang mau dijalankan,” ungkap Siti.
Sebagai informasi, jenis iklan di Shopee ada banyak. Siti Rohmah membeberkan beberapanya.
“[Tentukan setting iklan untuk tujuan apa], apakah iklan pencarian produk, apakah iklan pencarian toko, apakah iklan rekomendasi, iklan live, atau iklan GMV Max,” tambah Siti.
Adapun cara setting iklan Shopee yang lebih lengkap, silakan lihat uraiannya di bawah ini:
Masuk ke akun Seller Center Shopee Anda melalui browser atau aplikasi, lalu buka menu “Iklan Shopee”.
Shopee memiliki tiga jenis iklan utama:
Setelah semuanya diatur, klik tombol “Konfirmasi” atau “Mulai Iklan” untuk memulai kampanye.
Gunakan data analitik yang tersedia di Seller Center untuk mengevaluasi performa iklan, seperti jumlah klik, tayangan, dan konversi. Jika perlu, optimalkan kata kunci, anggaran, atau produk yang diiklankan.
Baca Juga: 4 Cara Iklan di Shopee agar Tidak Boncos, Mudah Dilakukan!
Siti Rohmah kemudian memberikan beberapa panduan atau tips ketika Anda hendak melakukan setting iklan di Shopee.
Daripada iklan otomatis atau GMV Max, Siti memberi saran bila lebih baik Anda menggunakan iklan manual.
“Karena kalau iklan manual itu untuk evaluasinya lebih mudah. Karena data yang dimunculkan atau ditampilkan sama Shopee itu lebih kompleks, lebih komprehensif, dibandingkan iklan GMV Max yang datanya terbatas,” ujar Siti.
Sebelum memasang iklan, Anda harus menyiapkan banyak hal. Misalnya dari bujet hingga pemilihan kata kunci.
“Pemilihan produknya juga harus siap iklan, penentuan bujet, lalu nanti setting kata kunci. Pastikan kata kuncinya sudah diriset terlebih dulu yang volume pencariannya tinggi, dan relate dengan produk yang teman-teman jual,” jelas Siti.
Selanjutnya, Siti memberi tahu hal lainnya, seperti tipe pencocokan kata kunci.
Andai bisa, kata kunci yang digunakan harus yang luas atau bersifat general dan beed yang dipilih pun bisa terendah dulu.
“Lalu tentukan tipe pencocokannya, mau tipe pencocokan luas kah, atau tipe pencocokan spesifik. Setelah itu, pilih beed-nya pilih dari beed terendah terlebih dulu, sambil kita evaluasi, dari situ bisaa langsung bisa tayang iklan Anda dan jangan lupa isi saldo dulu sebelum setting iklan,” terang Siti.
Melakukan iklan di Shopee akan mendatangkan banyak manfaat.
Selain kemungkinan omzet Anda meningkat, berikut manfaat dari fitur ini:
Jika toko online Anda ingin lebih perform dan omzet melesat, menggunakan jasa dari Mea Agency adalah pilihan yang tepat.
Mea Agency telah berhasil membantu ribuan UMKM berkembang pesat di pasar digital. Dengan strategi yang terbukti efektif, Mea Agency mampu mendukung bisnis Anda untuk mencapai hasil maksimal, baik di platform e-commerce maupun media sosial.
Pengalaman luas ini membuktikan bahwa Mea Agency adalah mitra yang terpercaya. Terlebih lagi, Mea Agency merupakan partner resmi dari Shopee dan TikTok, memberikan keuntungan tambahan melalui akses ke fitur dan program eksklusif untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda.
Percayakan perkembangan bisnis Anda pada Mea Agency, dan raih potensi omzet yang lebih besar dengan strategi yang teruji dan profesional.
Iklan di Shopee menjadi strategi penting untuk meningkatkan performa toko online, terutama dalam hal visibilitas dan penjualan.
Dengan fitur ads berbasis Cost Per Click (CPC), produk Anda bisa lebih mudah ditemukan calon pembeli, memperbesar peluang omzet meningkat, sekaligus mendukung promosi produk baru.
Pengetahuan tentang cara setting iklan yang benar, mulai dari pemilihan jenis iklan hingga riset kata kunci, sangat diperlukan untuk hasil yang maksimal.
Selain itu, kolaborasi dengan Mea Agency bisa menjadi solusi untuk mengoptimalkan performa toko online. Sebagai partner resmi Shopee dan TikTok, Mea Agency memiliki pengalaman membantu ribuan UMKM sukses di pasar digital dengan strategi yang efektif dan terpercaya.
Baca Juga: 5 Cara Banjir Orderan di Shopee untuk Pemula, Langsung dari Ahlinya!
***Foto: freepik.com