Strategi brand awareness Shopee menjadi salah satu strategi terbaik marketing Shopee. Salah satu caranya adalah dengan melakukan segmentasi Marketing Shopee dan pasar Shopee. Pasalnya, secara brand awareness, Shopee paling unggul dan mengalahkan ecommerce lainnya, termasuk untuk jasa iklan Shopee.
Sejak kehadirannya, Shopee telah membuktikan kualitasnya dan juga berhasil bertahan dengan ecommerce raksasa lainnya yang telah hadir lebih dulu di Indonesia. Shopee selalu mengandalkan strategi brand awareness sehingga dapat meraih kesuksesan.
Berjualan di Shopee membutuhkan strategi marketing yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan jasa iklan Shopee. Berikut ini beberapa tips berjualan di Shopee yang sukses.
Ciptakan brand awareness dengan mengikuti trend yang saat ini sedang berjalan. Misalnya saja untuk Shopee menggunakan lagu Baby Shark, warna khas orange dan beberapa tokoh terkenal sebagai brand ambassador. Seperti Blackpink hingga Ronaldo.
Jadi, semakin banyak orang yang mengenal identitas bisnis, maka kemungkinan brand awareness semakin tinggi pula. Sehingga mampu menghasilkan potensi penjualan layanan maupun produk.
Untuk menghadapi persaingan pasar, menggunakan strategi yang ampuh untuk bisnis sangat penting. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesadaran merek atau nilai jual di mata konsumen.
Untuk membantu meningkatkan pengunjung, maka dapat menggunakan fitur gratis ongkir dari Shopee. Akan tetapi, fitur Gratis Ongkir tidak akan cukup karena juga perlu menggunakan berbagai kelebihan yang dimiliki.
Karena promosi tidak selalu dengan potong harga. Justru dengan promosi menambah Value dari produk tersebut akan menjadi marketing terbaik.
Shopee selalu memfokuskan bisnisnya untuk pengguna smartphone. Sehingga menjadi populer sebagai pelopor kegiatan belanja melalui perangkat ponsel.
Maka dari itu, tampilan toko harus optimal mulai dari urutan, posisi foto produk hingga video yang cocok ketika dilihat di aplikasi smartphone. Sebelum upload produk, sebaiknya review kembali tampilannya di ponsel sendiri.
Menggunakan strategi bowling effect hampir sama dengan permainan bowling. Jadi, Anda berperan sebagai pin bowling, maka usahakan untuk menabrak poin pertama pada barisan paling depan terlebih dahulu. Hal tersebut memungkinkan barisan berikutnya akan jatuh hingga barisan paling akhir. Nah, analogi tersebut bisa Anda gunakan untuk bisnis.
Korbankan produk utama terjual lebih murah atau kembali modal dan tidak memperoleh profit. Namun, miliki produk yang lain dan berkesan untuk wajib dibeli oleh pembeli sekaligus jika mereka membeli produk pertama. Hal tersebut akan membuat Anda mendapatkan profit lebih tinggi dari produk lain.
Target buyer atau target pasar menjadi hal penting pada saat menentukan produk yang akan dijual. Jika target pasar jelas maka akan mampu menjual produk yang sesuai kebutuhan target bayer.
Media iklan seperti Shopee Ads dapat meningkatkan secara signifikan pengunjung toko. Media iklan ini akan membantu produk tampil pertama di Shopee apabila mencarinya menggunakan keyword atau kata kunci tersebut. Tingginya dari pengunjung toko ini tentu akan berdampak pada konversi penjualan Anda.
Brand awareness merupakan salah satu strategi yang sering digunakan oleh pebisnis. Kelebihan dari strategi ini adalah membuat konsumen mampu untuk mengingat dan mengenali merek hanya dengan melihat logo dari identitas brand, nama merek atau mendengar suara tertentu.
Berikut ini terdapat beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness bisnis supaya layanan atau produk di pasaran laku keras.
Gunakan logo dan identitas brand agar masyarakat luas mudah untuk mengenal. Logo yang memiliki tampilan visual menarik dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas dari layanan atau produk. Sehingga, logo menjadi salah satu aspek penting untuk membangun brand awareness yang kuat.
Berikut ini beberapa trik yang perlu dilakukan sebelum menentukan identitas logo.
Media sosial menjadi platform digital yang mudah diakses para audent saat mencari informasi terkait layanan atau produk, sehingga untuk para pebisnis dapat memanfaatkan potensi dari media sosial agar dapat meningkatkan brand awareness.
Untuk menerapkan strategi pemasaran media sosial terdapat berbagai cara. Dengan demikian identitas dari brand akan mudah masyarakat luas kenal. Cara tersebut diantaranya adalah:
Salah satu platform digital yang mempunyai jumlah pengguna banyak dan sudah tersebar di seluruh dunia adalah website. Tampilkan merek secara intensif melalui konten yang informatif dan sesuai identitas brand di website Anda.
Berikut ini strategi yang harus dilakukan agar website terlihat lebih profesional dan untuk meningkatkan kesadaran merek.
Untuk meningkatkan brand awareness dan popularitas bisnis Anda di internet, menggunakan website saja tidak cukup. Sehingga, Anda butuh optimasi tambahan supaya web tersebut mempunyai visibilitas tinggi di mesin pencarian, misalnya saja Google.
Salah satu strategi optimasi untuk web bisnis salah menggunakan SEO. Audiens akan lebih mudah untuk menemukan bisnis jika web Anda sudah teroptimasi SEO dengan tepat. Dengan demikian akan tampil di urutan teratas pada mesin pencarian.
Untuk konten marketing yang dapat meningkatkan brand awareness maka harus mempunyai unsur informatif dan menarik. Hal tersebut akan membuat konten viral dan menyebar luas.
Agar konten marketing menarik di mata audiens dan cepat viral, maka gunakan beberapa strategi berikut ini:
Berbagai platform digital saat ini sudah menyediakan fitur iklan berbayar yang mampu untuk meningkatkan brand awareness. Bentuk ikan tersebut mulai dari iklan media sosial, iklan pencarian hingga iklan aplikasi.
Dengan iklan berbayar seperti jasa iklan Shopee yang menggunakan konten menarik maka berpotensi meningkatkan angka penjualan dan mengembangkan potensi bisnis. Berikut strategi untuk memaksimalkan iklan berbayar di berbagai platform digital, termasuk jasa iklan Shopee.
Influencer marketing merupakan orang yang mempunyai kemampuan membuat konten marketing dan berpengaruh besar di media sosial. Dengan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan layanan atau produk bisnis dapat meningkatkan brand awareness bisnis.
Umumnya influencer ini mempunyai pengaruh signifikan karena mempunyai pengikut dalam jumlah banyak di media sosial. Kemudian pengikut mereka cenderung mengikuti trend, produk dan layanan yang influencer tersebut gunakan. Maka dari itu, pilihlah influencer yang mempunyai follower banyak dan sudah berpengalaman dalam mengembangkan serta mempromosikan brand bisnis.
Buzz marketing menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk memperluas jangkauan brand dengan promosi dari mulut ke mulut. Strategi ini sangat jitu karena keunggulan dari produk/layanan akan dibagikan langsung oleh konsumen yang sudah menggunakannya.
Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menampilkan testimoni di setiap platform promosi, bagikan konten marketing ini ke seluruh saluran promosi bisnis dan minta konsumen untuk mempromosikan brand Anda.
Untuk mempromosikan bisnis bisa dengan menggunakan jasa iklan Shopee seperti membuat iklan menarik dan mengadakan bazar. Selain itu, buat produk dengan edisi terbatas, ikuti acara besar seperti pameran dan konser serta tampilkan identitas logo di setiap event khusus.
Untuk membangun kesadaran merek dapat berkolaborasi dengan partnership atau media. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan liputan dan penulisan terkait brand bisnis. Hal ini memungkinkan untuk memperluas jangkauan merek dan memperkuat kepercayaan bisnis bagi konsumen.
Kolaborasi ini bisa melalui artikel, ulasan produk atau wawancara. Melalui kolaborasi, sampaikan carita merek kepada khalayak luas agar mereka lebih mengenal layanan/produk Anda. Dengan begitu akan tercipta brand awareness yang akan membangun reputasi bisnis menjadi lebih positif.
Strategi pemasaran berikutnya adalah menerapkan Co branding, dimana dua merek bekerja sama untuk menciptakan layanan/produk unik supaya dapat meningkatkan kesadaran merek. Lakukan promosi menggunakan konten menarik.
Langkah pertama dalam menjalankan strategi ini adalah dengan memilih brand yang sesuai jenis bisnis, tentukan tujuan, buat rencana kerjasama terstruktur dan tampilkan identitas dari kedua brand dalam setiap materi promosi.
Cara efektif meningkatkan brand awareness yang tak kalah ampuh adalah menggunakan hastag menarik. Penggunaan hashtag yang relevan akan membuat konten promosi lebih mudah audiens temukan.
Hastag juga memungkinkan konten muncul dalam topik viral, sehingga memberikan kesempatan terlibat dengan audiens lebih luas. Dengan hastag yang tepat juga dapat meningkatkan kesadaran merek dan memperluas jangkauan bisnis, terutama untuk platform media sosial.
Dalam sebuah bisnis, brand awareness menjadi aspek yang sangat penting. Jika bisnis sudah banyak dikenal oleh target konsumen, potensi penjualan layanan atau produk akan semakin meningkat.
Adanya brand awareness ini penting untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen. Saat konsumen sudah mengenal mereka, secara otomatis akan mempercayai layanan atau produk yang ditawarkan. Brand awareness ini akan membangun citra positif dan kepercayaan di mata konsumen.
Selain itu, brand awareness dapat membuat jangkauan pangsa pasar lebih luas. Konsumen akan memilih produk yang telah dikenal dan membandingkanya dengan pesaing.
Pada saat konsumen dihadapkan pada pilihan mereka yang dikenal atau belum dikenal, maka cenderung untuk memilih merek yang sudah familiar. Adanya brand awareness kuat akan berpengaruh pada keputusan pembelian dan membantu mendapatkan pelanggan lebih banyak.
MEA Agency merupakan digital marketing agency untuk mengembangkan bisnis wirausaha dengan menggunakan jasa pemasaran secara online, baik melalui media sosial maupun marketplace. MEA senantiasa menghadirkan inovasi teknologi yang sesuai kebutuhan pelaku usaha untuk menjalankan bisnis online berkelanjutan dan secara terukur.
Perusahaan ini telah hadir sejak tahun 2020 dan sudah sukses mengelola 700 UMKM lebih yang tersebar di seluruh Indonesia. MEA juga berinovasi dalam mengembangkan teknologi yang membantu kemajuan para pelaku bisnis dan UMKM melalui tools digital marketing.
Sebagai perusahaan yang telah tumbuh progresif, MEA menghadirkan platform kelas online, yakni SkilSkul Academy. Kelas online ini terbuka untuk siapa saja yang menginginkan untuk meningkatkan skil dan kemampuan sekaligus mendapatkan penghasilan signifikan.
Jasa dan produk dari MEA Digital Marketing seperti jasa digital marketing full, jasa ecommerce, jasa social media, affiliate marketing dan pelatihan serta training.
Sekarang ini, pengetahuan terkait bisnis khususnya digitalisasi di kalangan UMKM sangat penting dipelajari. Sehingga MEA menghadirkan platform edukasi berbasis luring maupun daring di bawah naungan Skil Skul Academy.
Produk unggulan yang MEA Digital Marketing luncurkan seperti platform edu-tech SkilSkul Academy yang meliputi workshop, webinar, mini workshop dan bootcamp. Kemudian tools digital marketing seperti Sebari, Gowebin dan Shopeasytools.
Produk utama MEA selanjutnya adalah jasa digital marketing seperti jasa optimasi social media, affiliate marketing dan jasa optimasi digital advertising. Selain itu, ada pula jasa optimasi marketplace, salah satunya jasa iklan Shopee.
Menariknya lagi, MEA Digital Marketing aktif dalam mengedukasi masyarakat Indonesia melalui kerjasama dengan lembaga pendidikan seperti SMA dan Universitas serta lembaga pemerintah. MEA juga aktif di berbagai media sosial dalam berbagai konten edukasi hingga hiburan. Mulai dari media sosial YouTube, Instagram, TikTok dan artikel website.
MEA menjadi sahabat terbaik untuk mencapai keberhasilan bisnis bagi para pelaku usaha. MEA juga memberdayakan UMKM atau wirausaha melalui jasa digital marketing yang tepat. Dengan demikian, bisnis Anda akan dapat berkembang dengan cepat.
Jadi, brand awareness merupakan kunci sukses dalam sebuah bisnis ecommerce, strategi yang tepat dapat memberikan hasil memuaskan. Brand awareness ini berguna untuk mempercepat beredarnya brand untuk dikenal masyarakat luas. Selain itu, jasa iklan Shopee juga membuat pengunjung toko meningkat secara signifikan.
1. Apa yang menjadi rahasia sukses dalam membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan melalui iklan Shopee?
2. Bagaimana cara membuat konten marketing yang menarik?
3. Bagaimana strategi terbaik dalam membangun brand awareness?
Strategi terbaik dalam proses membangun brand awareness adalah dengan memahami gaya hidup dan karakteristik dari pengguna.