Strategi Terbaik dalam Mengoptimalkan Penggunaan Facebook Ads

Untuk mempromosikan bisnis secara online, salah satu strategi pemasaran efektif adalah dengan menggunakan sosial media marketing. Dengan demikian, Anda dapat menjangkau target lebih luas dan dari segi biaya lebih hemat. Apabila menggunakan platform media sosial Facebook atau FB, maka gunakan jasa Facebook Ads terbaik.

Facebook Ads mempunyai pengguna aktif yang terus meningkat tiap tahunnya. Sehingga dengan pengoptimalan platform ini maka dapat menarik pelanggan, bahkan melakukan pemesanan ulang.

Strategi Mengoptimalkan Facebook Ads

Facebook Ads adalah alat pemasaran digital yang efektif untuk meningkatkan konversi dan menjangkau audiens yang tepat. Namun, perubahan dan tantangan dalam platform ini memerlukan penyesuaian strategis. 

Agar kampanye Facebook Ads Anda sukses dan mendukung pertumbuhan bisnis, penting untuk memanfaatkan jasa profesional dalam pengelolaannya. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa memaksimalkan potensi Facebook Ads untuk hasil yang optimal dan dampak positif pada bisnis Anda.

1. Pahami Target Audiens dengan FB Ads Campaign

Strategi pertama adalah memahami target audiens secara berkala. Identifikasi target pasar bisnis dan data terkait minat, perilaku pengguna dan karakteristik demografi. Informasi ini dapat membantu menyelesaikan konten iklan untuk brand bisnis dan strategi penargetan yang tepat.

2. Pilih Tujuan Kampanye

Jasa Facebook Ads menawarkan berbagai tujuan seperti, keterlibatan, kesadaran brand dan konversi. Dengan demikian, pilihlah tujuan berdasarkan kebutuhan bisnis. Jika tujuan Anda untuk meningkatkan penjualan, maka fokus pada konversi Jika menentukan tujuan secara tepat, maka dapat mengarahkan kampanye brand bisnis lebih efisien.

3. Perencanaan Konten Iklan Berkualitas Tinggi

Untuk menarik perhatian audiens, penting untuk membuat konten iklan yang relevan dan menarik. Pastikan pesan iklan bisnis Anda jelas dengan visual yang menonjolkan produk atau layanan. 

Pilih format iklan yang efektif, seperti video yang dinamis atau gambar carousel yang interaktif, untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda dapat menarik perhatian audiens dan mendorong interaksi yang lebih tinggi dengan iklan Anda.

Konten iklan menarik dengan brand story kreatif, memanfaatkan visual kreatif, iklan bergerak, penulisan teks persuasif, CTA jelas dan iklan sesuai target. Jika audiens tertarik, otomatis akan meningkatkan konversi secara menyeluruh dan kunjungan ke situs web bisnis juga bertambah.

Agar bisnis terlihat profesional, maka gunakan foto dan video berkualitas tinggi. Selain itu, tambahkan deskripsi untuk masing-masing gambar atau video agar terlihat menarik.

Warna background atau latar belakang iklan pada FB berpengaruh terhadap keputusan calon pembeli apakah akan melakukan pembelian atau tidak. Untuk warna putih menjadi salah satu warna terkuat. Warna ini sangat recommended dalam iklan karena lebih menonjol. Dengan demikian, akan dapat menghasilkan klik lebih banyak.

4. Pengaturan dan Pengoptimalan Anggaran

Sesuaikan anggaran dengan ukuran bisnis dan tujuan kampanye. Pertimbangkan pula penawaran tepat seperti tawaran otomatis atau manual. Hal tersebut dapat memaksimalkan anggaran dengan hasil terbaik.

Jasa Facebook Ads mampu meningkatkan jumlah pemesanan layanan dan produk. Bahkan dapat memberikan dampak positif untuk pertumbuhan brand bisnis.

Pengoptimalan anggaran kampanye pada intinya memungkinkan iklan FB mendistribusikan seluruh anggaran untuk semua set iklan aktif. Untuk tayangan iklan lebih optimal, Anda dapat mengandalkan platform periklanan tanpa perlu menyesuaikan secara manual anggaran set iklan.

Kampanye iklan FB secara default menggunakan strategi penawaran Biaya Terendah. Namun jika ingin hasil lebih banyak tanpa mengendalikan biaya, maka strategi penawaran default akan berfungsi lebih baik.

Jika menginginkan lebih banyak nilai atau ingin meningkatkan ROAS, maka dapat menggunakan strategi penawaran lain. Sehingga hasil iklan FB lebih optimal.

5. Targeting dan Penempatan Iklan

Hal yang tak kalah penting adalah targeting dan penempatan iklan. Maka dari itu, untuk mencapai audiens relevan pilih lokasi, minat, usia dan kriteria penargetan tepat sasaran. Pertimbangkan pula penempatan iklan strategis untuk Instagram, umpan berita atau audience network supaya capaian audiens lebih luas.

Posting di jam yang potensial pada saat membagikan konten bisnis. Pastikan konten berkualitas untuk meningkatkan algoritme FB. Kemudian untuk meningkatkan engagement, ajukan pertanyaan antara audiens dengan brand. 

Beri kesempatan kepada audiens untuk memberikan umpan balik dan menyampaikan informasi tersebut sesuai dengan bukti statistik atau data supaya lebih vali. Dengan menggunakan jasa Facebook Ads, Anda bisa menjangkau audien lebih banyak.

6. Analisis Kinerja

Beberapa hal yang perlu mendapat evaluasi adalah metrik kinerja utama dari kampanye. Seperti CR (Conversion Rate), CTR (Click-Through Rate) dan ROAS (Return on Ad Spend).

Dengan melakukan analisis kinerja kampanye maka dapat membantu untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dari strategi yang dijalankan. Brand bisnis dapat mengambil langkah untuk kinerja kampanye selanjutnya yang semakin meningkat dengan mengoptimalkan FB Ads. Lalu analisis tersebut bermanfaat untuk mengambil keputusan sesuai data dan hasil dari kampanye pemasaran.

7. Pengoptimalan Kampanye secara Berkala

Hasil analisis kampanye juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan kampanye secara berkala. Jika menggunakan layanan Facebook Ads maka dapat melakukan analisis lebih baik. Selain itu, strategi yang berjalan tetap responsif terhadap berbagai perubahan pasar. 

Lakukan pengujian elemen iklan berbeda, mulai dari gambar, judul atau penempatan tombol CTA. Menggunakan jasa Facebook Ads dapat membantu Anda mengoptimalkan kampanye secara rutin.

8. Menjaga kesinambungan dan Adaptasi

Penting diketahui, Facebook Ads terus mengalami berbagai perubahan dalam fitur dan algoritma. Maka, terus upayakan untuk menjaga kampanye bisnis tetap relevan terhadap perubahan tersebut. Kemudian kita bersiap untuk tantangan yang muncul dalam kampanye dengan fleksibilitas dan kreativitas.

9. Tampilkan Testimoni Pembeli

Untuk menentukan produk atau jasa Anda sudah sesuai standar atau belum, maka membutuhkan semacam bukti. Ini akan menjadi pertimbangan untuk penilaian produk atau layanan berkualitas dalam pemasaran online. Untuk menunjukkan hal tersebut, memanfaatkan testimonial pelanggan sebagai bagian dari kampanye iklan FB.

Manfaat Facebook Ads

Facebook Ads cocok untuk tujuan promosi jasa atau produk karena memiliki jutaan pengguna aktif. Terlebih lagi, kini FB bekerja sama dengan Instagram, sehingga iklan yang Anda promosikan juga akan terhubung di semua platform tersebut. Beberapa keuntungan menggunakan jasa Facebook Ads adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Indonesia menjadi salah satu dari pengguna aktif FB. Bahkan jumlah pengguna di media sosial adalah yang terbanyak di dunia. Oleh sebab itu, FB menjadi platform paling tepat untuk membantu mempromosikan bisnis dan meningkatkan brand awareness.

2. Budget Dapat Disesuaikan

Anda dapat menyesuaikan anggaran berdasarkan kebutuhan. Bahkan untuk anggaran terbatas sekalipun Anda dapat beriklan. FB Ads akan melihat jangkaun dan hasil estimasi dari besaran budget Anda.

3. Iklan Tertarget

Jasa Facebook Ads dapat mengatur siapa target iklan lebih detail mulai dari jenis kelamin, usia, minat hingga lokasi. Brand akan mempunyai jangkauan luas dengan iklan tertarget. Selain itu, audiens juga akan tertarik dengan iklan yang Anda tawarkan.

4. Penargetan Efektif

Kelebihan menggunakan Facebook Ads adalah membantu mempromosikan produk lebih efektif. Jangkauan audiens juga sesuai dengan keinginan dan lebih luas. Mulai dari pasar lokal hingga internasional. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai destinasi dalam waktu singkat di seluruh dunia.

Jasa Facebook Ads dapat menampilkan iklan dengan berbagai format seperti foto, video maupun carousel. Semakin kreatif iklan, maka visibilitasnya semakin meningkat.

Tayangan iklan juga perlu mendapatkan pengelolaan, bisa menggunakan fitur Ad Schedule. Supaya tidak salah sasaran terkait jadwal iklan, maka dapat menggunakan fitur ini untuk tampilan iklan yang dapat meningkatkan konversi. Karena tidak mungkin atau jarang seseorang menonton iklan larut malam. Ad Schedule akan memastikan kampanye lebih akurat dan tepat sasaran.

5. Akses Analisa

Menggunakan iklan FB juga akan mendapatkan akses analisis lanjutan. Sehingga dapat membantu melacak keberhasilan dari iklan. Karena tidak semua iklan dapat membujuk audiens untuk membeli. 

Sehingga, sebagai evaluasi kinerja iklan pakai FB Ads akan menawarkan layanan analitik. Hal tersebut tentu saja membantu Anda untuk mengambil keputusan apakah akan meneruskan iklan atau membuat kampanye baru.

Kinerja iklan dapat dilacak menggunakan Facebook Ads. Pada saat menyelesaikan kampanye, dapat meninjau detail terkait klik, suka, jangkauan dan konversi.

6. Membangun Keterlibatan

Agar memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keterlibatan dengan calon pembeli, maka dapat mempromosikan produk atau jasa melalui iklan. Bangun keterlibatan dengan audiens melalui suka, komentar dan berbagi.

 

Jenis Facebook Ads

Facebook menawarkan berbagai pilihan jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan target dan kebutuhan spesifik audiens. Berikut iklan berdasarkan penempatannya.

1. Page Post Engagement (PPE)

Jenis pemasaran ini akan membantu mendapatkan lebih banyak komentar, suka dan berbagi. Bahkan dapat mempertahankan pelanggan dan menargetkan pelanggan baru. Anda dapat menawarkan iklan sesuai dengan kesukaan para audiens dengan memahami konten dan cerita mana yang banyak tanggapan dari pelanggan.

2. Click to Website

Jenis iklan ini memiliki tujuan untuk membawa orang ke situs web secara langsung. Iklan ini mempunyai tombol CTA yang dapat menyatukan langsung menuju situs website Anda.

3. Page Like

Jenis iklan selanjutnya adalah Page Like yang akan membantu meningkatkan kepercayaan dari konsumen. Jika semakin banyak suka, maka akan semakin memiliki kredibilitas.

4. Website Conversion

Website conversion menjadi salah satu cara untuk mendapatkan add to cart, subscription dan purchase dari para pengguna situs web Anda. Ini akan membantu dalam meningkatkan traffic situs web.

5. Apps Instal

Jenis iklan ini akan mendorong orang mengunduh aplikasi Anda.

6. Video Ads

Jenis FB Ads ini menjadi cara efektif supaya dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Jika iklan Anda menarik, maka audiens dapat menikmatinya dan memiliki minat untuk mengklik tautan di situs web tersebut.

7. Lead Ads

Cara terbaik untuk mendapatkan kontak seperti nomor handphone, email dan nama adalah dengan menggunakan Lead Ads. FB telah menyediakan beberapa alat untuk memudahkan prospek hanya dengan klik daftar dan submit sebagai cara mengirimkan informasi kepada Anda.

8. Automated Ads

Automated Ads merupakan iklan otomatis menggunakan AI. Untuk menggunakannya tidak perlu menggunakan proses yang rumit. Karena tampilannya tidak dibatasi. Ketika akan memakainya, harus memberikan informasi terlebih dahulu secara detail. Mulai dari tujuan, topik, jenis materi iklan yang kreatif dan unik, serta anggaran harian. Iklan otomatis ini berfokus agar dapat menghasilkan leads, booking atau reservasi dan kunjungan situs web.

9. Event Response

Event response ini menjadi iklan FB yang bagus untuk menargetkan audiens pada saat mempromosikan rencana sebuah acara.

Cara Membuat Facebook Ads

Cara membuat FB Ads yang baik dan benar dengan langkah seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama buat halaman bisnis jika Anda sudah mempunyai profil FB. Akan tetapi jika belum mempunyai maka buat akun terlebih dahulu. Buka menu Halaman untuk membuat halaman bisnis akun FB dan pilih halaman sesuai kebutuhan. Ketika membuat halaman merek atau bisnis maka berikan informasi secara akurat dan lengkap. Mulai dari nama, alamat, kategori dan lain sebagainya. Ini akan memudahkan para audiens untuk menemukan bisnis Anda lebih cepat.
  2. Langkah kedua adalah masuk ke laman Facebook Ads Manager. Jadi, pastikan platform Anda adalah akun bisnis, sehingga siap untuk membuat kampanye iklan.
  3. Selanjutnya buat iklan dengan mulai kampanye, ad set lalu buatlah iklan. Identifikasi sasaran terlebih dahulu secara spesifik untuk kampanye Anda. Pilih campaign web traffic yang mendorong orang untuk mengunjungi situs Anda. Untuk satu kampanye mencakup satu ad sets atau lebih. Setelah itu, tentukan lokasi iklan tersebut, tetapkan anggaran dan siapka ads via pengaturan iklan. Pilih identitas halaman, format dan masukkan materi iklan.
  4. Langkah terakhir adalah lakukan pembayaran sebelum kampanye Facebook Ads tayang. Metode pembayarannya dapat menggunakan kartu kredit atau debit.



Jasa Facebook Ads Terbaik

MEA Agency merupakan digital marketing agency yang sukses mengelola 700 UMKM lebih di seluruh Indonesia sejak tahun 2020. Kami berinovasi untuk mengembangkan berbagai teknologi untuk membantu kemajuan para pelaku bisnis dan UMKM melalui tools digital marketing. MEA telah merancang platform edukasi berbasis luring dan daring dengan naungan SkilSkul Academy.

Jenis produk utamanya adalah platform edu-tech SkilSkul Academy meliputi workshop, mini workshop, webinar dan bootcamp. Kemudian ada tools digital marketing berupa Sebari, Gowebin dan Shopeasytools. Selanjutnya terdapat jasa digital marketing seperti jasa optimasi marketplace, jasa optimasi sosial media, jasa optimasi digital advertising dan affiliate marketing.

Secara umum kami juga aktif mengedukasi masyarakat melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan dan lembaga pemerintah. Konten hiburan dan edukasi kami di berbagai media sosial melalui Tiktok, YouTube, Instagram dan artikel web.

Misi dari MEA adalah memberdayakan UMKM melalui jasa digital marketing, salah satunya Facebook Ads agar bisnis cepat berkembang. MEA mampu menghasilkan inovasi teknologi yang relevan untuk kebutuhan para pelaku usaha. Sehingga dalam menjalankan bisnis online dapat terukur dan berkelanjutan.

Kesimpulan

Jika menggunakan layanan Facebook Ads yang tepat, maka strategi marketing dapat terjaga secara berkesinambungan dan bisa beradaptasi dengan segala perubahan. Facebook Ads menjadi kekuatan untuk pertumbuhan bisnis agar dapat bersaing di pasar yang saat ini semakin kompetitif.

Facebook Ads sebagai solusi promosi produk mampu mencapai jangkauan dan konversi yang tinggi. Jika menggunakan layanan jasa FAcebook Ads, didukung dengan strategi targeting dan penempatan iklan strategis, maka jangkauan audiens brand bisnis lebih relevan dan dapat meningkatkan kunjungan.

FAQ

1. Bagaimana strategi terbaik dalam mengoptimalkan penggunaan Facebook Ads?

  • Pahami target audiens dengan FB Ads
  • Pilih tujuan kampanye
  • Perencanaan konten iklan berkualitas tinggi
  • Pengaturan dan pengoptimalan anggaran
  • Targeting dan penempatan iklan
  • Analisis kinerja
  • Pengoptimalan kampanye secara berkala
  • Menjaga kesinambungan dan adaptasi.

2. Bagaimana strategi penawaran di tingkat kampanye, apakah opsinya bervariasi?

  • Batas biaya
  • Batas tawaran
  • ROAS minimum.

3. Apa tujuan utama iklan menggunakan Facebook?

Iklan menggunakan Facebook mempunyai tujuan untuk meningkatkan pendapatan melalui kunjungan toko fisik atau penjualan ecommerce. Dari penayangan iklan menggunakan FacebookAds, tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, pertimbangan dan konversi.